Manfaat Energi Matahari bagi Kehidupan

By Categories : Tekno

Seperti yang kita ketahui bahwa matahari merupakan pusat tata surya di galaksi Bima Sakti. Matahari menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang tinggal di bumi. Terdapat banyak manfaat dari sinar matahari yang dimanfaatkan oleh manusia serta makhluk hidup lainnya. Semakin berkembangnya teknologi dalam kehidupan manusia, sinar matahari dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Nah untuk itu mari kita ketahui apa saja manfaat energi matahari dalam kehidupan?

Manfaat Energi Matahari bagi Kehidupan

Keuntungan Energi Matahari untuk Kehidupan

Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Semakin berkembangnya teknologi yang dikembangkan manusia, sumber energi matahari bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga surya. Sumber panas matahari bisa diubah menjadi energi listrik dengan adanya media peralatan yang disebut dengan panel surya. Yang unik dari energi surya yang dikonversi menjadi energi listrik ini adalah aman dan ramah untuk lingkungan tanpa menghasilkan polusi udara. Energi surya ini disebut dengan energi terbarukan dalam arti selama cahaya matahari masih ada, maka masih bisa digunakan.

Sebagai Pengatur Tata Surya

Matahari disebut sebagai pusat tata surya, oleh sebab itu planet serta satelit akan berevolusi dengan berotasi mengelilingi matahari termasuk bumi. Ini dikarenakan adanya gaya gravitasu matahari yang dapat menarik planet sampai dengan planet tersebut berevolusi mengelilingi matahari. Dengan begitu maka terbentuklah tata surya yang biasa disebut dengan galaksi Bimasakti. Baca juga Manfaat Teknologi Nuklir Dalam Berbagai Bidang

Sebagai Sumber Energi bagi Tumbuhan

Kita tentu pernah mempelajari bahwa tumbuhan tanpa sinar matahari tidak bisa hidup, kecuali untuk jenis tanaman tertentu. Cahaya matahari digunakan oleh tumbuhan dengan tujuan untuk melangsungkan hidup. Proses fotosintesis merupakan salah satu proses untuk memasak makanan pada tumbuhan untuk menghasilkan energi. Proses tersebut salah satunya membutuhkan cahaya matahari. Jika tumbuhan tidak ada di bumi, maka manusia juga akan mati. Ini dikarenakan tumbuhan menghasilkan oksigen yang diserap manusia, dan mengurangi polusi di udara.

Membantu Proses Pengeringan

Proses pengeringan alami yang bisa didapat dari alam adalah dengan bantuan cahaya matahari. Proses pengeringan ini dimanfaatkan manusia seperti mengeringkan pakaian di bawah sinar matahari dengan cara menjemurnya, mengeringkan ikan asin, kerupuk, serta membantu untuk pembuatan garam. Selain itu sinar matahari juga membentuk awan yang berasal dari uap air yang bisa menimbulkan peristiwa hujan alami yang disebut dengan hujan.

Membantu Kesehatan Tulang

Manfaat sinar matahari menurut dunia medis adalah mampu menjaga kesehatan tulang secara alami. Sinar matahari yang baik adalah saat pagi hari antara jam 7 sampai jam 8.30. Oleh sebab itu kebanyakan pasien rumah sakit yang paska operasi atau sedang pemulihan berjemur di bawah sinar matahari pada kisaran jam di atas. Selain itu sinar matahari juga berperan dalam pereda sakit alami serta pembakaran lemak dengan kombinasi olahraga.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat energi matahari bagi kehidupan yang bisa Anda ketahui. Baca juga artikel Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif

Loading...