Macam-Macam Virus Android dan PC Berbahaya di Dunia

By Categories : Internet

Jika di dunia nyata terdapat virus yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, begitu pula pada dunia maya yang juga terdapat banyak virus yang dapat menyebabkan berbagai hal negatif bagi pengguna. Adapun dampak negatif apabila perangkat terkena virus seperti kinerja mulai menurun sampai dengan resiko kehilangan data. Oleh sebab itu kita sebagai pengguna mau tidak mau hrus mengetahui cara mencegah virus masuk ke dalam perangkat yang kita gunakan.

Macam-Macam Virus Android dan PC Berbahaya di Dunia

Terdapat banyak cara pencegahan yang bisa dilakukan agar virus tidak masuk ke dalam perangkat smartphone atau juga PC kita seperti menggunakan antivirus, tidak asal klink link, dan banyak lagi. Sampai saat ini kejadian cyber crime atau juga kejahatan yang dilakukan di dunia maya masih marak terjadi. Hal ini dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab dengan berbagai macam modus, misal mengirimkan malware melalui link, dan banyak lagi.

Nah pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas mengenai apa saja macam-macam virus Android dan PC paling berbahaya di dunia. Langsung saja untuk mengetahuinya, silahkan simak pada pembahasannya berikut ini!

Daftar Macam-Macam Virus Android dan PC Berbahaya di Dunia

HummingBad

HummingBad merupakan salah satu virus mobile yang sangat berbahaya di dunia. Virus yang satu ini dapat menyerang perangkat smartphone seperti Android. Adapun HummingBad dikatakan berbahaya karena, telah menginfeksi lebih dari 10 juta gadget Android mulai dari smartphone sampai dengan tablet di berbagai negara di seluruh dunia.

Berdasarkan Check Point, HummingBad mempunyai kode malware yang sangat canggih. Disinyalir, virus yang satu ini merupakan hasil kreadi dari penjahat dunia maya yang telah terorganisasi. Adapun penyebaran virus yang satu ini sendiri disamarkan melalui drive by download atau juga dengan memasangnya pada website atau situs yang telah terinfeksi. Sampai saat ini HummingBad masih menjadi salah satu virus paling berbahaya yang belum diatas.

Nah untuk cara pencegahan dari infeksi virus yang terbaik adalah dengan tidak mengunduh aplikasi di luar toko resmi Android yakni Play Store. Selain itu jangan lupa memberikan proteksi tambahan antivirus pada perangkat Android atau juga PC yang Anda gunakan.

Triada

Macam-macam virus berbahaya selanjutnya adalah Triada. Triada sendiri merupakan trojan jenis baru yang juga sangat berbahaya. Pasalnya virus ini menargetkan serangan pada berbagai macam perangkat Android, terutama untuk versi sistem operasi Android 4.4.4 KitKat atau juga versi yang lebih lama. Adapun perangkat yang sudah terinfeksi oleh virus trojan dengan jenis Triada akan menciptakan semacam bentuk iklan. Dengan begitu maka pelaku lebih bisa memanfaatkannya guna menginstal berbagai macam jenis adware yang tentunya berbahaya bagi perangkat Anda. Nah untuk melakukan pencegahannya, Anda bisa melakukan instal antivirus pada perangkat Anda dan jangan mengunduh aplikasi di luar Play Store.

Sality

Sality juga merupakan salah satu jenis virus komputer yang sangat berbahaya juga. Sality sendiri dapat masuk ke dalam sistem operasi Windows di komputer para pengguna. Adapun virus Sality ini dapat menyebar dan juga menduplikasi secara otomatis, ketika pengguna membuka aplikasi pada komputer yang mereka gunakan. Nah oleh sebab itu diperlukan cara pencegahan yang baik guna mencegah infeksi dari Sality ini seperti menggunakan atau memasang antivirus pada perangkat PC dan juga jangan menginstal aplikasi sembarangan.

Lock

Lock merupakan ransomware yang melekat pada email bagian spam. Adapun email yang membawa ransomware Lock ini biasanya disebarkan sebagai dokumen word yang dapat segera mengeksekusi proses enkripsi yang sangat berbahaya ketika macro Word telah diaktifkan. Nah oleh sebab itu ketika membuka email, ada baiknya harus waspada, jangan sembarangan klik link atau mengunduh file yang kiranya mencurigakan.

Zeus

Nama virus yang satu ini seperti nama dewa dalam Mitologi Yunani. Zeus sendiri merupakan salah satu nama virus trojan horse yang sangat berbahaya bagi perangkat elektronik. Virus yang satu ini dapat mencuri data informasi perbankan dengan menggunakan keystroke logging, form grabbing, dan juga Man in the browser. Zeus sendiri dapat disebarkan melalui drive by downloads atau juga phishing. Oleh sebab itu untuk mencegah virus ini, dapat menginstal antivirus dan jangan meng-klik sembarang link pada email atau website mencurigakan.

Tinba

Virus paling berbahaya selanjutnya adalah Tinba. Tinba sendiri merupakan salah satu jenis trojan yang sangat berbahaya, karena dapat menyerang perbankan guna mendapatkan kepercayaan pengguna serta lalu lintas pada jaringan. Setelah itu torjan Tinba dapat mencuri dengan mudah username dan juga password target mereka.

CryptoWall

CryptoWall merupakan virus rasnomware yang juga sangat berbahaya, karena dapat menginfeksi semua versi Windows. Setelah melakukan infeksi pada sistem, virus yang satu ini akan melakukan enkripsi semua data, file, dan juga dapat memblokir akses para pengguna.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai macam-macam virus Android dan PC yang wajib Anda ketahui. Masih banyak lagi macam virus lain yang juga sangat berbahaya, nah untuk itu sebagai pengguna perlu berhati-hati.

Loading...