Macam-Macam Topologi Jaringan

By Categories : Internet

Kemarin sudah membahas mengenai jaringan-jaringan pada komputer, kali ini masih membahas mengenai jaringan yaitu macam-macam topologi jaringan. Biasanya Teknik Komputer dan Jaringan mempelajari pembahasan mengenai topologi jaringan. Sebelum memasuki pembahasan, lebih dahulu mengetahui pengertian topopogi jaringan. Lalu apa pengertian dari topologi jaringan?

Pengertian topologi jaringan adalah suatu teknik yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan perangkat komputer yang lainnya yang disusun menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan dikaitkan pada kecepatan akses suatu data, ukuran, biaya serta tingkat konektivitas yang dapat mempengaruhi efisiensi dari suatu jaringan tersebut.

Topologi jaringan juga dapat diartikan sebagai sebuah desain jaringan komputer yang dibentuk serta menjelaskan bagaimana komputer dapat saling berhubungan antara perangkat satu dengan perangkat yang lain. Terdapat macam topologi jaringan komputer yang sering digunakan saat ini seperti Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Tree, serta Topologi Mesh. Untuk lebih lanjut silahkan simak pembahasan yang sudah dirangkum dar berbagai sumber.

Macam-Macam Topologi Jaringan

Topologi Ring atau Cincin

topologi cincin

Pada topologi ini setiap komputer yang tersusun berbentuk seperti cincin atau ring. Data token diberikan untuk memberikan izin setiap komputer yang bertujuan untuk dapat berkomunikasi. Dengan kata lain topologi ini berkomunikasi menggunakan data token. Token berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa atau mengecek apakah informasi tersebut digunakan oleh titik yang bersangkutan. Jika terdapat, maka token akan memberikan data yang diminta oleh titik jaringan dan akan menuju ke titik berikutnya.

Topologi Star

topologi bintang

Topologi star atau bintang, setiap komputer dihubungkan lanngsung dengan menggunakan Hub atau Switch dengan menggunakan kabel UTP, dimana fungsi Hub atau Switch adalah sebagai pengatur lalu lintas seluruh perangkat komputer yang terhubung atau connect. Karena menggunaka pengiriman serta penerimaan informasi langsung, hal inilah yang menyebabkan  pemasangan biaya yang agak tinggi namun topologi ini sering dipakai karena banyak mempunyai kelebihan.

Topologi Mesh

topologi mesh

Topologi Mesh adalah rangkaian yang saling terhubung dimana setiap perangkat komputer terhubung langsung pada titik perangkat lainnya. Setiap titik pada komputer mempunyai titik yang sudah siap untuk berkomunikasi langsung bersama titik pada perangkat komputer lain yang menjadi tujuan. Topologi Mesh menggunakan kabel tunggal, sehingga proses data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain atau switch dan hub.

Topologi Tree

topologi tree

Topologi tree atau pohon merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungkan dengan topologi bus. Jadi setiap topologi star akan terhubung dengan topologi star lainnya dengan menggunakan topologi bus. Biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, serta jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

Topologi Bus

topologi bus

Jenis topologi bus merupakan topologi yang menggunakan kabel tunggal, seluruh perangkat komputer saling secara langsung hanya menggunakan kabel tunggal alias satu kabel. Kabel yang menghubungkan jaringan merupakan jenis kabel coaxial dan ditempelkan dengan menggunakan T-Connector. Untuk memaksimalkan penggunaan pada jaringan ini Anda dapat menggunakan kabel Fiber Optic, karena kestabilan resistensi yang bagus sehingga dapat mengirim data jauh lebih baik.

Nah itulah pembahasan mengenai macam-macam topologi jaringan, sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Netbook Terbaik 2014

Loading...