Sekarang banyak sekali ponsel yang beredar di pasaran dengan berbagai macam merk. Namun di balik kecanggihan ponsel tersebut ada sistem operasi yang patut kita ketahui. Berikut ini adalah macam – macam sistem operasi mobile :

mobile-os

1.Android
Sistem operasi ini sangat populer sekarang ini yang sangat di gandrungi banyak orang . sistem operasi ini berbasiskan linux. Salah satu keunggulannya lagi yaitu adalah android menyediakan platform terbuka bagi pengembang dan menciptakan aplikasinya sendiri, tak heran jika di google play tersedia jutaan aplikasi yang siap di download. Android di kembangkan oleh google dan di bentuklah open Handset Alliance. Pada saat perilisan android bersama Open Handset Alliance mendukung penuh pengembangan terbuka pada perangkat seluler atau biasanya di sebut dengan mobile. Kenapa banyak pengguna memilih sistem operasi android? Alasannya karena open source, multitasking, kemudahan dalam notifikasi, management widget yang fleksibel, dukungan penuh dari google, user interface yang sangat interaktif telah mendukung html 5 dan lain sebagainya.

1. iOS
Sistem operasi mobile yang di kembangkan oleh apple komputer. Awalnya sistem operasi ini hanya di kembangkan untuk iPhone saja, kemudian di kembangkannya lagi untuk perangkat mobile lainnya diantaranya adalah iPad, iPod, iPod Touch dan Apple TV. Sistem operasi ini hanya dapat di instal di device mobilenya apple saja. Bentuk interfaces pengguna iOS di dasarkan pada manipulasi langsung menggunakan multi touch dan di desain sederhana itulah yang menjadikannya kelebihan di bandingkan sistem operasi lainnya. Mempunyai kelebihan diantaranya yaitu navigasi mudah dan mendukung GPS, terintegrasi penuh dengan OS apple lain, dukungan multimedia sangat baik dan tersedia AppStore untuk kebutuhan user.

2. Windows mobile
Saat ini windows mobile sekarang biasanya disebut dengan sistem operasi windows phone. Sistem operasi ini di kembangkan oleh Microsoft dan di desain untuk di instal di perangkat mobile smartphone. Sistem operasi ini ini sagatlah mirip sama dengan yang ada di desktop. Kebanyakan sistem operasi windows ini dilengkapi dengan stylus pen. Mempunyai kelebihan yaitu dukungan penuh dari Microsoft, aplikasi office lengkap dan lain sebagainya.

3. Symbian OS
Sistem operasi ini pernah merajai pasaran mobile pada saat masa jayanya nokia. Saat ini banyak yang telah menggunakan sistem operasi ini oleh berbagai vendor produk peralatan mobile. Symbian Os ini unngul karena dapat API ( Aplication Progamming Interface ). Kelebihannya adalah sistem stabil, hemat baterai, banyak dukungan aplikasi dll.

4. Blackberry OS
Sistem operasi mobile yang di kembangkan oleh RIM yang di dukung oleh Blackberry perusahaan yang bersal dari Kanada. Research in Motion atau biasa disebut dengan RIM ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email. Kelebihan sistem operasi Blackberry ini adalah fungsi BBM yang digunakan chatting antar blackberry, costumize tema untuk user level, tampilan multimedia yang sangat nyaman, system full backup yang mempermudah si user dll.