Macam-Macam Search Engine Paling Populer

By Categories : Internet

Di era teknologi yang semakin modern, internet menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Dengan adanya internet seseorang dapat mengetahui berbagai informasi dunia luar. Selain itu internet juga bisa dimanfaatkan untuk komunikasi dengan orang lain yang berada jauh dari kita. Untuk mengakses internet saat ini sangat mudah baik melalui smartphone, tablet, PC, maupun laptop.

Di Indonesia terdapat banyak provider internet yang menawarkan akses internet dengan kecepatan beragam yang disesuaikan dengan harga. Untuk melakukan browsing internet seseorang perlu menggunakan search engine (mesin pencari) melalui aplikasi browser yang mereka gunakan. Terdapat macam-macam search engine paling populer, sehingga banyak orang menggunakannya. Nah untuk mengetahui apa saja search engine paling populer, ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Macam-Macam Search Engine Paling Populer

Berikut Macam-Macam Search Engine Paling Populer

Google

Sampai saat ini Google dikenal sebagai search engine paling populer saat ini. Google sendiri didirikan pada tahun 1998 oleh Sergey Brin dan Larry Page yang sampai saat ini masih menduduki peringkat pertama di dunia sebagai search engine terbaik. Selain untuk search engine (mesin pencari), Google juga digunakan untuk mencari lokasi dengan adanya Google Maps, dan banyak lagi. Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki oleh Google seperti kecepatan serta kemudahan dalam melakukan pencarian, tampilan sederhana namun responsive, memiliki banyak fitur, dan banyak lagi.

Bing

Untuk search engine yang satu ini besutan dari Microsoft yang diluncurkan pada tahun 2009 silam. Bing hadir untuk menyaingi Google yang sampai saat ini masih menjadi yang terbaik dan populer. Meskipun Bing baru diluncurkan pada tahun 2009 lalu, namun keberadaannya sudah ada sejak lama dengan nama berbeda yakni MSN Search kependekan dari Microsoft Network. Pihak Microsoft terus melakukan pembaharuan untuk meningkatkan kualitas.

Yahoo

Yahoo telah didirikan pada tahun 1994 silam oleh Jerry Yang dan David Filo. Pada awalnya Yahoo merupakan direktori situs web. Kemudian pada tahun 2002 menjadi sebuah search engine yang mampu melacak berbagai website secara otomatis. Sebelum didirikannya Google, Yahoo search engine terbesar dan populer ke 2 di dunia setelah AOL. Dengan seiring perkembangannya Yahoo tidak hanya digunakan sebagai search engine saja melainkan juga sebagai layanan email, kumpulan berita, dan banyak lagi.

Ask

Ask pada awalnya dikenal dengan nama Ask Jeeves yang didirikan pada tahun 1996 silam. Dengan menggunakan Ask pengguna bisa mendapatkan jawaban dari segala pertayaan untuk konversi, direktori, dan juga matematika. Akhir 2010, Ask menghadapi kompetisi berat dari Google dan search engine lain. Pada akhirnya Ask mengembalikan menjadi situs Tanya jawab dengan pencarian menggunakan pihak ketiga.

Baidu

Untuk yang satu ini merupakan perusahaan layanan web yang terdapat di Distrik Haidian, Beijing China. Search engine Baidu sangat populer bagi warga China. Tidak kalah dengan search engine lain, Baidu juga memiliki banyak fitur unggulan yang berguna untuk mempermudah pencarian web. Beidu menggunakan aksara mandarin sebagai salah satu fitur yang dimiliki.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai macam-macam search engine paling populer di dunia.

Loading...