Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

By Categories : Hardware

Dalam membangun sebuah jaringan tentunya akan membutuhkan beberapa hardware atau perangkat keras yang terdiri berbagai jenis dan fungsi masing-masing. Meskipun setiap perangkat keras memiliki fungsi yang berbeda, namun secara tujuan sama dengan saling mendukung satu sama lain. Terdapat macam-macam perangkat keras jaringan komputer yang dapat Anda ketahui pada ulasannya di bawah ini.

Perangkat keras jaringan komputer

Berikut Perangkat Keras Jaringan Komputer serta Fungsinya

Komputer Server

Komputer server merupakan salah satu perangkat keras dalam membangun sebuah jaringan yang baik. Komputer server merupakan sebuah sistem yang akan menyediakan berbagai macam layanan seperti server web, server aplikasi, dan server database, serta bisa diakses melalui komputer clien yang dihubungkan oleh jaringan seperti internet atau intranet. Fungsi dari komputer server ini adalah untuk menyimpan berbagai macam hal dalam bentuk informasi serta digunakan untuk mengelola jaringan komputer.

Komputer Client

Berikutnya adalah komputer client. Komputer client merupakan sebuah komputer yang digunakan guna berbagai keperluan seperti untuk mengolah data yang sebelumnya diambil dari komputer server. Dapat dibilang komputer server merupakan sumber yang menyediakan berbagai informasi. Adapun fungsi dari komputer client adalah untuk memberikan akses para pengguna dalam mengakses layanan yang diberikan oleh komputer server.

Ethernet Card atau LAN Card

Ethernet Card atau LAN Card merupakan perangkat keras pada komputer yang menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Saat ini Ethernet Card atau LAN Card tidak hanya terintegrasi dengan motherboard saja, melainkan juga dalam bentuk USB ataupun dalam bentuk kartu yang cara kerjanya ditancapkan pada slot ekspansi motherboard. Fungsi dari Ethernet Card seperti menyambungkan kabel jaringan pada komputer.

Kabel Jaringan

Perangkat keras jaringan komputer berikutnya adalah kabel jaringan. Kabel jaringan dibagi menjadi beberapa jenis seperi kabel UTP, kabel STP, kabel Coaxial, dan juga kabel Fiber Optic. Diantara ketiga jenis tersebut kabel yang memiliki harga terjangkau adalah kabel jenis UTP. Meski begitu fungsi ketiganya pada dasarnya adalah sama yakni digunakan untuk media transmisi dalam membangun jaringan komputer. Dengan adanya kabel jaringan maka proses transmisi data dalam jaringan komputer dapat berjalan.

Konektor

Konektor menjadi perangkat keras jaringan komputer yang memiliki peranan sangat penting. Tanpa konektor maka kabel jaringan tak akan ada artinya. Ini dikarenakan konektor memiliki fungsi sebagai penghubung kabel jaringan dengan komputer. Jenis konektor yang sering digunakan adalah RJ-45 untuk kabel jenis UTP. Sementara untuk kabel coaxial menggunakan konektor BNC, dan untuk kabel jenis fiber optik menggunakan konektor dengan jenis ST.

Hub

Perangkat keras berikutnya adalah Hub yang merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk menyambungkan ke komputer lain dengan menyalurkan sinyal yang diterima dari komputer lain, sebagai konsentrator, dan juga sebagai penguat sinyal dari kabel UTP.

Switch

Untuk perangkat keras yang satu ini berfungsi sebagai pengontrol sinyal, membantu untuk menganalisa data, serta dijadikan sebagai media untuk transmisi komputer dalam membentuk jaringan. Di dalam perangkat keras ini memiliki jumlah port yang cukup banyak. Dalam menganalisa data switch menggunakan MAC address dari setiap komputer.

Repeater

Perangkat keras jaringan komputer selanjutnya adalah Repeater. Ini merupakan perangkat keras yang bisa dibutuhkan guna untuk memperkuat sinyal agar lebih lacar dalam melakukan proses transfer data. Repeater biasa dibutuhkan untuk mencapai jarak jauh dengan jangkauan yang luas.

Router

Yang terakhir adalah router. Perangkat keras ini hampir mirip dengan fungsi hub atau switch, akan tetapi router memiliki fungsi yang lebih luas guna meneruskan data dari suatu jaringan satu menuju jaringan lain seperti LAN, MAN, dan WAN.

Nah itulah tadi beberapa macam perangkat keras jaringan komputer dengan fungsinya.

Loading...