Macam-Macam Perangkat Keras Internet

By Categories : Hardware

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah menjadi sarana informasi yang cukup diandalkan. Hal ini karena kebutuhan akan informasi semakin meningkat sehingga berdampak terhadap meningkatnya pengguna internet di dunia. Banyak perangkat yang dapat digunakan untuk mengakses internet, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Jika Anda pengguna komputer tentu membutuhkan perangkat keras tambahan agar dapat terhubung ke internet.

Perangkat Keras Internet

Saat ini perkembangan teknologi perangkat keras internet sudah sangat berkembang. Mulai dari penggunaan modem analog ke modem broadband yang mampu mengubah wajah jaringan komputer yang dulunya sangat lambat menjadi menjadi super cepat. Hal ini karena semakin berkembangnya teknologi jaringan komputer dari GSM hingga yang terbaru teknologi 4G LTE.

Jenis perangkat keras internet

Dari penjelasan di atas tentu para pengguna internet membutuhkan jenis-jenis perangkat keras untuk mengakses internet. Ada beberapa hardware yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut.

  1. Modem Telepon

Perangkat keras internet yang pertama adalah modem telepon. Modem merupakan modulator demodulator. Modulator sendiri adalah alat yang dapat mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan demodulator merupakan bagian yang memisahkan sinyal nformasi dari pembawa sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem berarti alat komunikasi dua arah, namun umumnya modem dikenal sebagai perangat keras yang digunakan untuk komunikasi pada komputer.

  1. Network interface card (NIC)

Perangkat yang kedua adalah NIC atau Network interface Card. Sebuah antarmuka jaringan NIC dapat menghubungkan kabel Ethernet dari akses point ke komputer. Komunikasi tersebut menggunakan NIC kabel yang mengharuskan penggunaan kebel Ethernet dihubungkan melalui komputer ke acces point setiap saat selama mengakses internet.

  1. Wired Access Point

Perangkat keras internet selanjutnya adalah Wired Access Point. Ini merupakan perangkat keras yang menggunakan kabel sebagai media transmisi saat akan dihubungkan untuk mengakses internet. Sebagai contoh adalah komputer menggunakan NIC dan kebel Ethernet agar dapat terkoneksi ke access point. Access point yang digunakan umunya seperti router, DSL modem, dan modem kabel yang menyediakan link antara internet service provider dna fisik komputer.

Pada jaringan komputer LAN, NIC-based connections merupakan perangkat keras yang paling sering digunakan. Misalnya untuk komputer-komputer di suatu perusahaan.

  1. Wireless Wired Access

Wireless Wired Acces merupakan perangkat keras internet yang berfungsi untuk menghubungkan access pont tanpa menggunakan koneksi fisik. Perangkat ini dipat diakses ke rumah dengan menggunakan router wireless dan komputer dengan antarmuka nirkabel. Untuk nirkabel sendiri dapat di install sendiri di komputer Anda atau dapat dibeli secara terpisah dengan menggunakan USB atau PCI yang setiap saat dapat dipasang ketika dibutuhkan.

Loading...