Macam Macam linux

By Categories : Software

Distro Linux atau singkatan dari distribusi Linux merupakan sebutan untuk sistem operasi komputer selain Windows milik Microsoft, dan Mac milik Apple. Distro Linux singkatan dari distribusi Linux yang juga merupakan keluarga Unix yang menggunakan sistem kernel Linux. Distribusi Linux ini dapat berupa perangkat lunak bebas alias gratis dan open source, da nada juga yang berupa perangkat lunak komersial atau prabayar. Lalu apa saja macam macam linux? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Macam Macam linux

Red Hat Linux

RedHat Linux

Red Hat Linux merupakan salah satu GNU yang tergolong usia tua, yang menawarkan kemudahan dengan mode tampilan yang gratis mulai dari penginstalan dan juga aplikasinya. Namun untuk versi Red Hat Linux yang terbaru Anda perlu mengeluarkan biaya yang sudah ditentukan. Seperti halnya dengan sistem operasi linux lainnya, Red Hat Linux cukup populer digunakan untuk banyak perusahaan dan sudah terbukti kualitasnya. Selain itu sistem operasi ini juga mendukung secara teknis, pelatihan, pengembangan aplikasi, sertifikasi, dan lain sebagainya.

Debian Linux

Debian Linux

Debian Linux adalah distro Linux yang selanjutnya. Sistem operasi ini memang sudah terkenal bagi kalangan pengguna Linux, yang terkenal dengan open sourcenya. Debian Linux tidak mengedepankan suatu distro yang bersifat komersial atau prabayar. Debian Linux merupakan hasil usaha para sukarelawan yang membuat distr dengan kualitas tinggi namun tetap gratis dan open source. Keunggulan menggunakan Debian Linux adalah mudah untuk di upgrade, depedensi paket dengan baik, serta dikembangkan secara terbuka.

Mandriva Linux

Mandriva Linux

Mandriva Linux lahir diinspirasi oleh RedHat Linux dengan adanya banyak pengembangan, serta aplikasi prakonfigurasi. Hal tersebut dapat memudahkan untuk para pengguna pemula, baik dalam awal proses memulai instalasi yang berbasis Xwindow, sampai dengan dukungan berbagai bahasa. Pada sistem operasi ini, semua paket telah dikompilasi dnegan optimasi prosesor dan menghasilkan optimasi yang bagus. Dulunya bukan bernama Mandriva Linux, melainkan bernama Mandrake Linux. Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Linux

Ubuntu Linux

Ubuntu Linux merupakan distribusi linux yang berbasis Debian. Mungkin Anda semua sudah tidak asing lagi dengan Ubuntu Linux. Nama Ubuntu sendiri diambil dari nama sebuah konsep ideology yang ada di negara Afrika Selatan yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame manusia”. Beberapa kelebihan dari Ubuntu Linux ini adalah pengaturan jaringan yang cukup mudah, versi desktop yang bagus, dan lain sebagainya. Sistem operasi berbasis debian ini cukup banyak digunakan orang karena sifatnya yang gratis dan open source.

Linux Mint

Ubuntu Linux

Linux Mint merupakan sistem operasi dengan basis Linux untuk PC. Inti dari Linux Mint seperti pada Ubuntu, sehingga aplikasi yang digunakan di Ubuntu juga dapat berjalan pada sistem operasi Linux Mint. Linux Mint dilengkapi dengan pencarian serta aplikasi favorit. Distro ini memiliki segala kelebihan salah satunya adalah tampilan desktop sederhana, dan management yang mudah untuk dipelajari.

BlankOn

BlankOn

BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia atau (YPLI) serta Komunitas Ubuntu Indonesia untuk menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan komputer di Indonesia. Filosofi dari BlankON ini adalah kemudahan penggunaan, serta kehandalan yang ditawarkan oleh BlankON adalah distribusi aslinya. BlankOn dikembangkan bersama-sama dan terbuka dan menghasilkan distro Linux Indonesia seperti pada dunia pendidikan, perkantoran, serta pemerintahan.

Nah itulah pembahasan mengenai macam macam linux yang dapat Anda ketahui, perlu diingat masih banyak lagi distro linux yang ada. Distro Linux diatas banyak populer dikalangan masyarakat tepatnya di Indonesia dan negara lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Perbedaan Hacker dengan Cracker

Loading...