Macam-Macam Bahasa Pemrograman

By Categories : Software

Bahasa pemrograman merupakan untaian kata yang berupa instruksi atau perintah yang terdiri dari banyak baris dan kode yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman wajib dikuasai dan dipahami oleh seorang developer aplikasi maupun web. Dalam membangun sebuah website maupun aplikasi biasanya developer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda.

Sampai saat ini sudah banyak macam bahasa pemrograman yang dipelajari dan digunakan dalam membangun sebuah web maupun aplikasi berbasis desktop. Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain. Jumlah bahasa pemrograman saat ini sangat banyak. Namun dari sekian banyak bahasa yang digunakan, developer tidak menggunakan semuanya melainkan hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa.

Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Lalu apa saja macam-macam bahasa pemrograman yang ada di dunia. Nah untuk mengetahuinya di bawah ini terdapat beberapa bahasa pemrograman yang banyak digunakan para developer untuk mengembangkan sebuah website maupun aplikasi berbasis mobile maupun desktop.

Berikut Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Java

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa dijalankan melalui berbagai platforms mulai dari PC sampai dengan mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada The Green Project di tahun 1991 silam oleh Sun Microsystem yang selanjutnya dilepas pada oracle. Kata Java berasal dari salah seorang pendiri bahasa pemrograman yakni James Gosling yang menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa. Sampai saat ini bahasa pemrograman Java masih banyak digunakan utuk mengembangkan banyak aplikasi salah satunya aplikasi di smartphone Android. Baca Juga Situs Belajar Coding

Kelebihan utama dari Java adalah dapat dijalankan dibeberapa platform atau sistem operasi komputer. Dengan kelebihan tersebut Anda cukup menulis sebuah program Java kemudian dikompilasi menjadi bahasa mesin yang hasilnya dapat dijalankan di beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan program berbasis java dapat dikerjakan pada sistem operasi Linux dan juga pada sistem operasi Microsoft Windows.

C

Bahasa C telah dikembangkan di tahun 70an dan termasuk sebagai bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C juga sangat populer di Indonesia, ini dikarenakan banyak perguruan tinggi dan lembaga kursus pemrograman menggunakan dan mempelajari bahasa ini sebelum mempelajari bahasa lain Bahasa C dapat dikatakan juga sebagai bapak dari bahasa pemrograman lain seperti Java, C#, C++, dan bahasa pemrograman lain.

Kelebihan bahasa pemrograman C adalah proses executable progamnya lebih cepat. Bahasa C juga tersedia di semua jenis komputer dan sifatnya adalah portable aplikasi yang ditulis menggunakan bahasa C dalam suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain dengan cara sedikit modifikasi. Bahasa pemdrograman C juga memiliki struktur yang baik sehingga mudah dipelajari.

PHP

Macam bahasa pemrograman lainnya adalah PHP atau singkatan dari “PHP Hypertext Pre-processor”. PHP juga banyak digunakan di Indonesia, selain gratis bahasa pemrograman ini memang dirancang untuk membangun sebuah website dinamis. Website ternama seperti Wordprees, Digg, ataupun sosial media seperti Facebook juga menggunakan bahasa pemrograman PHP dalam proses pengembangannya.

Kelebihan bahasa pemrograman PHP adalah bersifat open source yang artinya dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis. Program PHP dapat dijalankan di semua sistem operasi karena bahasa pemrograman ini berjalan secara Web Base yang artinya semua sistem operasi yang mempunyai web browser dapat menggunakan program PHP.

Visual Basic

Berikutnya adalah bahasa pemrograman Visual Basic yang merupakan bahasa pemrograman dikembangkan oleh salah satu perusahaan terbesar di dunia yakni Microsoft. Visual Basic sering digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi berbasis desktop dengan OS Windows. Sampai saat ini VB masih banyak digunakan oleh developer di Indonesia.

Kelebihan bahasa pemrograman visual basic adalah cukup mudah dipahami dibanding bahasa pemrograman lainnya. Hal ini karena Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer sehingga banyak sumber atau referensi yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan kemampuan Anda. Baik berupa buku, web site, dan lain-lain. Anda akan mendapatkan banyak tools secara gratis di internet sehingga dapat menghemat waktu dalam pemrograman.

C++

Bahasa pemrograman berikutnya adalah C++ yang merupakan juga pengembangan dari bahasa C. Meskipun begitu antara C dan C++ memiliki sintak penulisan mirip walaupun memiliki perbedaan dalam penyelesaian masalah. Untuk bahasa pemrograman C++ berorientasi terhadap objek dimana permasalahan dibagi pada class-class. C++ digunakan juga dalam membangun aplikasi seperti Adobe, Forefox, dan banyak lagi.

C#

C# merupakan pengembangan dari bahasa C yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini pada prinsipnya penggabungan antara prinsip C dan juga C++. Bahasa pemrograman C# digunakan pihak pengembang dalam mengembangkan berbagai aplikasi dengan platforms Windows.

Nah itulah tadi macam-macam bahasa pemrograman, adapun bahasa lainnya seperti Objective C, Action Script, JavaScript, Ruby, Phython, dan banyak lagi. Baca Merk Printer Terbaik dan Berkualitas

Loading...