Kulkas Alami Tanpa Listrik

By Categories : Tekno

Saat ini fungsi kulkas cukup penting dalam rumah tangga, selain untuk mendinginkan minuman dan makanan kulkas juga berfungsi sebagai pengawet buah, sayuran dan bahan makana lain agar tidak mudah rusak.

Isu global warming yang meningkat beberapa dekade ini membuat teknologi kulkas juga banyak diperbincangkan karena penggunaan freon sebagai bahan pendingin dalam kulkas disebut-sebut sebagai salah satu penhyebab kerusakan lapisan ozon.

Berawal dari isu itulah teknogi ramah lingkungan semakin dikembangkan. Baik oleh para ilmuwan, pelajar, hingga masyarakat umum berlomba-lomba menciptakan teknologi baru maupun teknologi pengganti yang tidak merusak lingkungan.

Kulkas alami tanpa listrik menjadi salah satu inovasi yang manarik karena jika teknologi ini berhasil diterapkan bisa membawa dampak yang baik bagi lingkungan. Ada beberapa orang yang telah berhasil mengembangkan kulkas alami tanpa listrik

1. Pot in Pot
Seperti namanya, kulkas alami tanpa listrik ini memang menggunakan dua buah pot, besar dan kecil dimana pot kecil dimasukan kedalam pot besar. Alat pendingin yang diciptakan pada tahun 1995 oleh Mohammad bah Abba dari nigeria ini telah mendapatkan penghargaan pada tahun 2000 dari Rolex Laureate sebesar $100.000 atau sekitar satu milyar rupiah.

Pot_in_pot_cooler_1

Cara kerja kulkas ini adalah dengan memanfaatkan proses penguapan untuk mengambil panas dalam pot kecil sehingga temperaturnya menjadi lebih rendah. Alat ini sangat sederhana bahkan anda sendiri bisa membuatnya di rumah. Bahan yang dibutuhkan antara lain Dua Buah pot, satu berukuran besar dan satu berukuran kecil, pasir, kain dan air. Masukan pot yang berukuran kecil kedalam pot yang berukuran besar, isi bagian antara pot kecil dan pot besar dengan pasir kemudian basahi dengan air. Tutup pot kecil dengan kain basah.

Ketika air dalam pasir menguap maka akan mengambil kalori dari pot kecil, akibatnya suhu dalam pot kecil dapat turun 15-20 derajat celcius

2. Coolgardie safe
Kulkas alami tanpa listrik ini berasal dari kota coolgardie. Ada sumber yang menyebutkan bahwa teknologi ini sudah ada sejak lama dan lazim digunakan pada zaman demam emas dan wild west.

Coolgardie safe

 

Cara membuat coolgardie safe sangat sederhana yaitu hanya membutuhkan kawat, karung goni dan ember penampung. Pertama-tama kita harus membuat rangka lemari pendingin menggunakan kawat. Rangka tersebut ditutupi dengan karung goni. Karung ini harus tercelup kedalam air. karung goni ini lama-kelamaan akan basah. langkah terakhir adalah menaruh coolgardie safe ditempat yang berangin. Angin akan membantu proses penguapan yang menyebabkan isi dari kulkas ini mengalami penurunan suhu.

3. Green Refrigerant Box dari Indonesia

kulkas tanpa listrik dan freon
Karya ilmiah buatan dua pelajar putri SMA Negeri 2 Sekayu, Sumatera Selatan ini telah menyabet penghargaan Intel ISEF (International Science and Engineering Fair) di Los Angeles, Amerika Serikat.

 

Kulkas tanpa listrik dan tanpa freon yang mereka sajikan kepada dewan juri telah meraih Development Focus Award senilai $10.000. Tak hanya itu saja, karya mereka juga mendapatkan hadiah dari kategori Engineering Materials & Bioengineering sebesar $1000.

Ide pembuatan kulkas alami ini datang karena kebutuhan pendingin sebagai pengawet buah-buahan dan sayuran di kabupaten Musi banyuasin dimana disana produksinya cukup melimpah namun minim akses listrik.

Dari sinilah ide membuat kulkas tanpa listrik muncul. Dengan memanfaatkan kayu gelam, dua pelajar ini berhasil menurunkan suhu 28 derajat celcius menjadi 5,5 derajat celcius dalam waktu 2 jam 20 menit.

cara membuat kulkas tanpa listrik dan freon, kulkas alami, cara buat kulkas tanpa listrik, proses pembuatankulkas tanpa listrik muba, membuat kulkas sederhana tanpa listrik, memakai alat apa siswa sma unggul muba membuat kulkas tanpa listrik, kulkas sederhana tanpa listrik, Alat dan bahan kulkas tanpa freon, Cara membuat kulkas tanpa listrik, cara membuat kulkas alami

Loading...