Kontroversi Terbesar Apple

By Categories : Tekno

Apple adalah merupakan raksasa perusahaan teknologi di dunia ini. Penggagas dan pendiri apple adalah steve jobs. Apple juga merupakan brand teknologi yang paling mahal di dunia dan juga apple namanya mulai melejit setelah menggarap atau menciptakan smartphone yakni iPhone. Setelah iPhone diciptakan banyak sekali vendor yang menirunya.

apple

Ada banyak cerita di balik kesuksesan apple yang mempunyai banyak kontroversi yang telah beredar. Memang apple sendiri sekarang ini mempunyai banyak kontroversi salah satunya adalah perang hak paten dengan Samsung yang sampai sekarang ini belum selesai. Memang perusahaan apple ini mempunyai banyak perjalanan yang tidak mulus dalam perjalanan tonggak sejarahnya. Apple sendiri dianggap sebagai musuh dari banyak vendor teknologi di dunia. Berikut ini adalah kontroversi terbesar apple.

Kontroversi – kontroversi apple

Menghindari pajak miliaran dollar
Perusahaan apple ini mempunyai banyak proses untuk menghindari pajak miliaran yang seharusnya mereka bayarkan kepada pemerintah Amerika Serikat. Berikut ini adalah penjelasan dari lembaga investigasi amerika yakni Subcomitte on Investigations. “perusahaan apple banyak sekali memanfaatkan berbagai celah agar dapat menghindari pembayaran pajak. Banyak sekali kantor subsidiari apple atau biasa disebut kantor cabang yang berlokasi di banyak Negara, walaupun mempunyai kantor pusat di California, Amerika Serikat.” Dengan adanya hal itu apple ini merupakan trik agar dapat menghindari pajak yang besar dan bisa meraup keuntungan yang banyak bagi perusahaan teknologi ini.

Mesin pengeruk uang
Apple sendiri mempunyai produk – produk yang memiliki harga yang sangat tinggi. Contohnya banyak sekali aplikasi yang terdapat di app store maupun mac store yang kebayakan adalah aplikasi berbayar. Walaupun apple ini bisa di bilang produk premium tetapi harga apple ini termasuk kemahalan. Apple juga menerapkan ekosistem yang tertutup yang menjurus pada sistem monopoli. Contohnya yakni iTunes adalah merupakan tempat satu – satunya pengguna bisa mengunduh konten dan konten tersebut semuanya harus di beli. Apple juga sengaja apabila mengunduh lagu dari itunes lagu tersebut tidak bisa di putar dengan menggunakan perangkat lainnya. Hal inilah apple bisa meraup keuntungan yang banyak.

Konspirasi menaikan harga eBook
Apple juga mempunyai kontroversi yang heboh yakni adanya kasus penjualan ebook atau buku digital di Amerika Serikat yang di dalam kasus tersebut apple telah menyatakan berkonspirasi dengan 5 perusahaan penerbit besar yang membuatnya harga ebook yang tinggi dan apple sendiri menjadi peran kunci dari semua ini dan mempunyai kemungkinan terkena hukuman dari pengadilan setempat. Apple membuat konspirasi ini agar bisa membendung amazon yang dinilai telah merusak pasar ebook di dunia.

Menggugat hukum ke banyak pihak
Apple ini sering sekali melancarkan hukum kebanyak pihak walaupun dengan kasus yang dinilai sangat remeh. Hal ini bisa dicontohkan dengan perang hak paten antara Apple dengan Samsung yang menilai selalu meniru baik dari desain maupun teknologinya. Hal ini membuat banyak vendor geram kepada apple.
Itulah contoh dari beberapa kontroversi dari apple yang di nilai sangat janggal.

Loading...