Komponen Sistem Informasi Secara Umum

By Categories : Software

Sistem informasi merupakan sebuah sistem terstruktur yang biasa digunakan untuk transmisi informasi dalam sebuah server sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh user. Pada umumnya sistem informasi digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Saat ini ada beberapa jenis sistem informasi yang sering digunakan, antara lain :

  • Sistem informasi akuntansi, yaitu digunakan untuk memberikan keseluruhan informasi mengenai keuntungan dan kerugian perusahaan, neraca keuangan, dan fungsi audit.
  • Sistem infoemasi manajemen, yaitu sistem informasi untuk jajaran manajemen agar para manajer dan staff dapat melakukan analisa dan pengambilan keputusan yang tepat.
  • Siste informasi sumber daya manusia, yaitu sistem informasi yang banayk digunakan di bagian bersonalia atau HRD. Dengan sistem ini staff personalia dapat menganalisa profil karyawan.

Komponen Sistem Informasi

Jadi secara umum sistem informasi memiliki peranan penting dalam hal pengambilan keputusan dan analisa perusahaan. Dengan ini, user atau orang yang menggunakan sistem informasi dapat melakukan analisa dan pengambilan keputusan sesuai kondisi perusahaan. Ini bertujuan untuk meminimalisisr kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Sistem informasi tentu dibuat dan dibangun dengan menggunakan banyak sekali perangkat dan juga komponen. Berikut komponen sistem informasi yang memiliki peran penting dalam pembentukan sistem informasi.

  1. Komponen input

Komponen ini mengacu pada semua tipe dan semua jenis data yang dimasukan dalam sebuah database. Dengan adanya komponen input setiap data dan informasi dapat disimpan dalam sebuah sistem basis data. Kemudian dapat dilakukan manajemen proses pada basis data tersebut agar menjadi suatu indoemasi yang berguna.

  1. Komponen output

Komponen sistem informasi ini kebalikan dari komponen input. Komponen ini merupakan sebuah sistem informasi yang berguna untuk memberikan output dan keluaran dari keseluruhan sistem informasi. Hal ini memungkinkan semua informasi dan data yang tersimpan pada input akan dapat ditampilan melalui komponen output. Sehingga user dapat menggunakan sistem informasi tersebut akan mendapatkan informasi yang bermanfaat.

  1. Komponen model

Berikutnya adalah kompoen model, yang merupakan komponen yang bersifat teknis serta prosedural. Komponen model terdiri dari kombinasi prosedur, model matematik, logika, yang digunakan untuk megolah data input agar menjadi subah data output. Komponen ini terkait bagaimana sebuah data dapat diteruskan menuju user, bahasa pemrograman yang digunakan hinga bentuk arsitektural jaringan dalam membangun sebuah sistem informasi.

  1. Komponen teknologi

Komponen sistem informasi selanjutnya adalah komponen teknologi. Komponen ini mengacu pada segala bentuk teknologi dan perkembangannya. Komponen teknologi dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam membangun sistem informasi. Komponen tersebut berpengaruh terhadap komponen hardware dan fitur yang dimiliki oleh sebuah software dalam membangun sistem informasi.

  1. Komponen Hardware

Dalam sistem informasi tentu tidak dapat berguna dan bermanfaat jika tidak memiliki hardware. Sehingga harware merupakan komponen sistem informasi yang penting. Hardware di sini mengacu pada keseluruhan perangkat keras yang dapat digunakan untuk membangun sebuah sistem informasi, baik dari komponen output, teknologi, dan komponen input. Perangkat keras ini juga termasuk fungsi switch, fungsi router, dan fungki LAN Card.

Komponen hardware ini bertugas untuk menampilan, memasukkan , serta mengolah data-data yang ada. Selain itu, ini juga merupakan induk dari software-software yang berjalan. Berikut adalah aspek hardware yang perlu diperhatikan dalam sebuah komponen sistem informasi :

  • Kapasitas dari harddisk
  • Spesifikasi umum dari server
  • Peralatan transmisi seperti kabel untuk mentransmisikan data
  • Hardware yang berhubungan dengan output
  1. Komponen Software

Jika ada komponen hardware, tentu sudah pasti terdapat komponen software. Dalam rangkaian sistem informasi tentu ada sebuah software pendukung. Software dalam sistem informasi tersebut terdiri dari beberapa jenis sesuai dengan fungsi masing-masing.

Setidaknya dalam satu rangkaian sistem informasi terdapat beberapa software, dan fungsi dari software tersebut adalah.

  • Untuk menjalankan sistem operasi pada server dan komputer user.
  • Software bertugas untuk menginput data
  • Software bertugas untuk menapilkan output
  • Software bertugas untuk melakukan manajemen database
  • Software memiliki tugas malam mentrasnmisikan data serta informasi dari server ke komputer software
  1. Komponen Basis Data

Komponen-komponen di atas tidak akan berguna jika komponen basis  data tidak ada. Komponen ini berisikan seluruh data dan juga informasi yang ditampilkan ke user melalui siklus sistm informasi. Basis data disini merupakan komponen yang berisikan query dan data-data yang diinput dan disimpan dalam sebuah server sehingga dapat menjadi pusat daru seluruh kegiatan sistem informasi. Dengan adanya komponen sistem informasi ini maka sebuah sistem informasi akan lebih berguna bagi user.

  1. Komponen Kontrol

Komponen selanjutnya adalah komponen kontrol. Komponen ini bertugas untuk mejaga dan memastikan bahwa siklus sistem informasi dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran serta berguna bagi pengguna user.  Selain itu, komponen kontrol juga bertugas untuk mencegah terjadinya hal-hal yang menggangu sebuah sistem informasi.

Loading...