Kisah Sukses Pendiri WordPress

By Categories : Internet

Perkembangan teknologi tidak akan habis dan bukan hanya seputar perkembangan dari gadget serta perangkatnya. Perkembangan website juga terus berkembang dengan banyak munculnya tema dan tampilan yang menarik dan segar. Website tidak akan henti sepi dari para pengguna, mengingat website sekarang ini banyak dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan terutama kebutuhan bisnis dan sebagai pencari mata uang.

Selain Blogger tentu saja terdapat Tumblr, serta WordPress. Namun kali ini tdak membicarakan mengenai Blogger atau Tumblr melainkan membahas WordPress. Mungkin anda sudah mendengar kata “Wordpress” jika anda pengguna internet. WordPress terkenal dengan tampilannya yang menarik dengan tema yang bervariasi dan terkenal juga karena responsive. WordPress dapat diakses dengan baik lewat mobile, sehingga pembaca akan lebih nyaman.

Matt Mullenweg

Pada tahun 2003, WordPress diciptakan oleh Matt Mullenweg yang berguna untuk meningkatkan penulisan di dunia maya. Menurut data yang ada terdapat sekitar 66,283 juta situs web yang menggunakan platform WordPress. Nah WordPress ini diciptakan oleh Matt yang keluar dari  kampusnya dan belum sampai lulus dari kampusnya tersebut. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah Kisah sukses pendiri WordPress.

Wordpress

Kisah Sukses Pendiri WordPress

Pendidikan dan Karir

Matt Mullenweg adalah pengembang situs blogging wordpress serta pendiri. Dia lahir pada 11 Januari 1984 di Texas, Amerika Serikat. Matt Mullenweg pada waktu SMA mengambil jurusan seni pertunjukan dan visual, bahkan dirinya juga terampil dalam bermain saxophone. Kemudian setelah lulus dari SMA, Matt melanjutkan kuliah di University of Houston dengan mengambil jurusan Ilmu Politik. Pada tahun 2004 dirinya memutuskan untuk keluar dari bangku perkuliahannya untuk mengejar cita-citanya dan bekerja di CNET Networks. Lalu pada tahun 2005, dirinya keluar dari perusahaan tersebut.

Pada tahun 2005, Matt mendirikan Automatic yaitu perusahaan pengembang web yang kemudian dirinya juga mengembangkan wordpress ke level berikutnya. Pada bulan Februari dirinya bersama temannya merilis WordPress dengan versi 1,5 yang langsung populer di dunia maya dan web tersebut sudah di download sebanyak 900.000 kali. Baca Juga Situs Unik Untuk Mengisi Waktu Luang

Pada bulan Februari 2008, Automattic telah berhasil mendapatkan keuntungan yang besar yaitu sekitar 29.500.000 juta Dollar Amerika yang berasal dari berbagai perusahaan. Kemudian pada bulan Juli 2012, Blog WordPress berhasil melewati angka lebih dari 50 juta pengguna di berbagai belahan dunia. Pada tahun 2012 Automattic berhasil mengumpulkan dana mencapai 45 Juta Dollar

Awal WordPress

WordPress berawal dari sebuah Open Source lain yang bernama b2/cafelog. Pada awalnya Matt menggunakan b2/cafelog untuk menyimpan foto perjalanannya. Namun dalam beberapa bulan kemudian b2/cafelog ini tempat di Matt mempublikasikan fotonya mulai berhenti dalam pengembangannya. Matt memanggil temannya Mike Little, hingga akhirnya mereka mengembangkan WordPress berdasarkan beberapa kode yang berasal dari b2/cafelog. Untuk memperkuat WordPress, mereka bergabung dengan develop atau pengembang asli dari b2 yaitu Michel Valdrighi.

WordPress ini menggunakan bahasa PHP dan MySQL dalam pembuatannya. Matt pun membuktikan dirinya meskipun bukan berasal dari bidang pemrogaman atau teknologi komputer, dirinya mampu memunculkan produk yang digunakan oleh jutaan orang di dunia melalui WordPress.

Di usianya ketika itu 19 tahun, Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan menggunakan format yang lebih kompleks dari HTML. Nah setahun kemudian, WordPress meluncurkan lagi fasilitas Ping-O-Matic yang bertujuan untuk memberikan ping notifikasi kepada search engine blog, hal inilah menjadi awal mula dikenalnya WordPress di kalangan pengguna internet di seluruh dunia.

Nah itulah informasi mengenai kisah sukses pendiri WordPress yang dapat sukses walaupun sekolahnya bukan pada bidang yang digelutinya. Matt Mullenweg serta kawannya berhasil masuk ke dalam daftar pengusaha muda kaya yang bergerak pada bidang internet, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca Juga Kisah Sukses Pendiri WhatApps

Loading...