Kisah Sukses Pendiri Instagram

By Categories : Internet

Saat ini memang banyak tren yang berkembang di dunia maya yaitu jejaring sosial dimana seseorang dapat berkenalan dan komunikasi dengan orang lain. Berbagai situs jejaring sosial banyak di temukan dan mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Seperti Twitter yang terkenal dengan kicauannya, facebook yang dapat melihat dan pertemanan dengan orang lain, dan masih banyak lagi.

Jejaring sosial yang satu ini memiliki keunikan sendiri yaitu situs jejaring sosial yang mengkhususkan seseorang untuk berbagai foto dengan teman yang lainnya dengan cara follow akun orang lain. Jika kemarin sudah membahas mengenai kisah pendiri Path, sekarang akan membahas mengenai kisah sukses pendiri Instagram. Langsung saja berikut adalah ulasannya.

pencipta instagram

Kisah Sukses Pendiri Instagram

Pendiri Instagram ini adalah dua orang pemuda yang bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger. Untuk mengetahui mereka lebih lanjut mari kita lihat biografi mereka berdua.

Biografi Kevin Systrom

Kevin Systrom

Kevin Systrom lahir pada tanggal 30 Desember 1983 di Holliston, Amerika Serikat. Kevin Systrom merupakan Alumnus dengan jurusan Teknik dan Manajemen Sains di Universitas Stanford. Dirinya lulus dari perguruan tinggi tersebut pada tahun 2006. Selain itu dia pernah magang di Odeo yang kemudian di kenal dengan nama Twitter. Kevin Systrom juga pernah magang di Microsoft Silicon Valley Campus sebagai program Manager Pengembangan PowerPoint dan OfficeArt. Di samping itu Kevin pernah bekerja di Google selama dua tahun pada bagian Gmail dan Pengembangan Korporasi. Kemudian dirinya bersama temannya Mike menemukan Instagram pada tahun 2010.

Biografi Mike Krieger

Mike Krieger

Mike Krieger pernah menjadi master jurusan interaksi manusia komputer dari universitas Stanford pada tahun 2008 dan pernah magang di Microsoft. Selain itu dirinya juga pernah bekerja di Mountain View yaitu perusahaan pengembang aplikasi Meebo dalam waktu 17 bulan. Mike Krieger menemukan instagram pada tahun 2010 bersama temennya Kevin.

Menciptakan Perusahaan Sendiri

Pengalam Kevin memang banyak sewaktu bekerja di beberapa perusahaan startup, hal tersebut membuat dirinya berpikir untuk mengembangkan dan membangun perusahaan sendiri. Kemudia saat itu dia menciptakan aplikasi yang bernama Burbn yang akan berubah menjadi jejaring sosial Instagram.

Pada awal perkembangannya memang Burbn Inc mengkhususkan pada HTML 5 Mobile. Untuk versi yang pertamanya dari Burbn akan siap diluncurkan dan bisa digunakan pada iPhone namun dengan adanya fitur yang terlalu banyak sehingga kurang menarik. Pada akhirnya Mike dan Kevin memutuskan fokus pada aplikasi foto agar mempunyai keunikan tersendiri dari facebook yang ketika itu menjadi saingan mereka.

Membuat Instagram

Setelah melewati proses maka terciptalah aplikasi yang bernama Instagram yang berfokus pada foto, menyukai foto dan komentar. Instagram ini mempunyai dua arti yaitu “Instan” dan “telegram”. Instagram memiliki sebuah arti yaitu aplikasi berbag foto dengan cepat karena pada dasarnya aplikasi ini menggunakan jaringan internet.

Mike dan Kevin terus melakukan penyempurnaan Instagram mereka berdua dan kemudian meluncurkan produknya tersebut. Setelah peluncurannya sebulan kemudian Intagram mampu menarik sebanyak saty juta pengguna. Seiringnya dengan waktu berjalan kemudian berkembang terus dalam waktu satu tahun berhasil mendapatkan satu juta pengguna. Angka yang cukup besar, mengungat aplikasi Instagram ini tergolong aplikasi baru.

Menjual Instagram ke Facebook

Dengan melihat kesuksesan yang ada pada Instagram, Mark Zuckerberg selaku pendiri dan pemilikk Facebook tertarik untuk mengakusisinya. Ketika itu pada tahun 2012 instagram berhasil dibeli facebook dengan harga yang sangat mahal dan fantastis yaitu sekitar 1 Miliar USD atau sekitar 9,1 Triliun Rupiah. Hal ini merupakan angka yang paling besar untuk pembelian aplikasi dalam sejarah facebook.

Dengan pengakusisian ini membuat Kevin dan Mike menjadi seorang miliarder muda baru. Untuk saat ini Instagram di bawah bendera facebook semakin populer dengan jumlah pengguna yang terus bertambah. Aplikasi Instagram ini banyak di gunakan para artis dunia untuk memamerkan foto-fotonya, selain itu Instagram juga mampu digunakan untuk mengedit foto dengan menggunakan 16 efek yang ada. Foto-foto tersebut dapat di unduh melalui berbagai jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Foursquare dan lain sebagainya.

Itulah informasi mengenai Kisah Sukses Pendiri Instagram. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca Juga Tips Menempatkan Website pada Halaman Pertama Google.

Loading...