Kisah Para Pendiri Facebook

By Categories : Internet

Facebook adalah fenomena jejaring sosial yang sangat populer saat ini. Sekarang facebook sendiri sudah berusia selama 10 tahun. Dulu facebook di dirikan di sebuah kamar asrama hardvard pada tahun 2004. Nama pendirinya yang sangat populer adalah mark zuckerberg yang sekarang telah menjadi identik sebagai miliarder, tapi bagaimanakah nasib pendiri yang lain ?

Kisah Para Pendiri Facebook

Sekarang facebook telah menjadi dari kehidupan masyarakat dunia, salah satu pendirinya yaitu mark zuckerberg yang mempunyai misi dengan kalimat “menjadikan dunia lebih terbuka dan lebih terhubung”.

Mark zuckerberg meneruskan karirnya di facebook, tetapi teman – teman yang di hardvard university yang juga mendirikan facebook malah beralih di bidang yang lain. Berikut ini adalah kisah para pendiri facebook sepuluh tahun yang lalu setelah kelahiran facebook :

Bos facebook yaitu mark zuckerberg
Saat berusia 29 tahun dia telah menjadi direktur utama facebook yang masih berkuasa menjadi jejaring sosial yang besar. Dia mempunyai pemegang saham sebesar 29 persen dan 56 persen hak suara.
Mark zuckerberg sendiri telah menjadi seseorang yang terkenal si komunitas teknologi di dunia ini. Mark zuckerberg mendirikan komunitas lobi si Washington yang bernama FWD.us yang bertujuan memperjuangkan reformasi pendidikan dan imigrasi.

Majalah forbes sendiri memperkirakan kekayaan Mark zuckerberg mencapai 19 milyar dolar AS yang menjadikannya orang terkaya ke 20 di amerika serikat. Tapi menurut intelijen perusahaan pasar wealth X nilai pasar facebook melonjak dan akan menambah pundi – pundi uang pada Mark zuckerberg sehingga menjadi 29,7 juta dolar AS.

Mark zuckerberg dan istrinya Pricilla chan juga di kenal dengan pasangan yang sangat dermawan. Pasangan ini telah menyumbang sebanyak 1 milyar dolar AS lebih untuk kepentingan sosial. Pasangan ini juga telah mendirikan yayasan yang bernama silicon valley dan sekolah umum untuk anak – anak yang kurang mampu di new jersey.

Si kembar winklevoss
Ini adalah saudara kembar tyler dan Cameron winklevoss yang menuduh Mark zuckerberg telah mencuri ide mereka. Pada tahun 2008 telah terjadi kesepakatan yang mengenai hal itu. Winklevos dan teman – temannya mendapat masing – masing 20 juta dolar tunai dan juga saham sekitar 45 juta dollar.
Mereka ingin membatalkan kesepakatan tersebut dan ingin mendapatkan uang yang lebih dari facebook, akan tetapi semua itu gagal. Uang yang mereka gunakan untuk mendirikan modal ventura. Tahun yang lalu mempunyai rencana untuk penawaran saham bagi winklevoss bitcoin yang mengijinkan investor untuk mendapatkan akses mata uang virtual.

Sean parker sebagai investor
Memang dia tidak kuliah di hardvard, namun parker merupakan pendiri situs berbagi musik yaitu napster. Dia telah berteman dengan Mark zuckerberg dan juga menjadi mentor serta juga penasehat.
Parker pada tahun 2004 juga telah menjadi direktur utama facebook dan juga menggaet investor besar dan kemudian bergabung dengan thiel menjadi mitra dalam manajemen the founders fund.

Loading...