Keuntungan Teknologi Wireless beserta Kekurangannya

By Categories : Tekno

Teknologi Wireless atau Nirkabel merupakan suatu media transmisi elektromagnetik yang tidak membutuhkan kabel yang dipancarkan melalui media udara oleh gelombang frekuensi yang bisa digunakan oleh satelit, sinar infra merah, dan juga satelit. Dengan adanya teknologi wireless membuat manusia semakin mudah dalam melakukan berbagai hal dengan jarak yang jauh sekalipun.

Teknologi ini biasanya digunakan dalam jaringan antar gedung, antar rumah, antar negara yang memiliki jarak sangat jauh sekalipun dengan menggunakan internet. Dengan begitu di jaman modern ini teknologi nirkabel atau wireless sangat dibutuhkan. Namun tidak hanya digunakan untuk jaringan antar gedung saja, teknologi wireless juga sudah diaplikasi diberbagai perangkat sebagai contoh saat ini sudah beredar berbagai macam merk mouse wireless, keyboard wireless, dan banyak lagi.

Keuntungan Teknologi Wireless beserta Kekurangannya

Dengan menggunakan teknologi tersebut tentunya akan memudahkan penggunaan serta memaksimalkan penggunaan. Pasalnya pengguna tidak terikat dengan batas dari kabel, sehingga bisa digunakan dalam jarak tertentu kurang lebih 10 meter. Teknologi wireless pada mouse atau keyboard menggunakan sebuah chip penghantar yang berguna untuk menghubungkan kedua perangkat antara mouse dengan PC atau laptop.

Selain itu teknologi tersebut juga diaplikasikan pada jaringan WiFi yang memudahkan pengguna untuk mengakses internet tanpa menggunakan kabel LAN selama masih dalam jangkauan. Namun dengan segala kemudahannya tersebut teknologi wireless juga memiliki beberapa kendala atau kekurangan yang kerap terjadi. Untuk membahas lebih lanjut mengenai apa saja kelebihan teknologi wireless dan apa saja kekurangannya? Simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Keuntungan Teknologi Wireless beserta Kekurangannya

Keuntungan Wireless

  • Teknologi wireless sangat memungkinkan suatu jaringan untuk mencapai lokasi-lokasi yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan kabel jaringan.
  • Dengan adanya sistem wireless dapat menyediakan user dengan berbagai informasi access secara real-time dimana saja. Dengan adanya hal ini sangat mendukung dalam produktivitas dan peningkatan kualias ketimbang menggunakan jaringan kabel.
  • Kelebihan berikutnya adalah kemudahan dalam proses instalasi. Anda tak perlu membutuhkan kabel untuk menghubungkan dua komputer atau lebih. Maka dengan hal ini proses instalasi akan jauh lebih mudah dan lebih ringan tanpa mengulur kabel atau melubangi tembok.
  • Sistem wireless LAN bisa dikonfigurasikan dengan berbagai macam topologi jaringan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Konfigurasinya sendiripun bisa diubah dari peer to peer dengan jumlah pengguna kecil sampai dengan full infrastruktur network dengan pengguna sampai dengan ribuan serta sangat memungkinkan untuk roaming di area yang luas.

Kekurangan Wireless

  • Gangguan dalam gelombang jaringan yang bisa kapan saja terjadi. Gangguan-ganguan tersebut dapat disebabkan karena cuaca atau gangguan lainnya.
  • Gangguan terhadap keamanan. Sering kali informasi yang diakses melalui jaringan nirkabel yang ketika informasi masuk dalam jaringan internet maka dapat bersiko diakses oleh orang lain. Oleh sebab itu konfigurasi keamanan seperti password unik perlu diberikan. Serta menggunakan antivirus untuk melindungi privasi keamanan.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa kelebihan teknologi wireless beserta kekurangannya. Dengan segala kemudahan yang dimiliki setiap teknologi memiliki kekurangan tersendiri termasuk juga teknologi wireless.

Loading...