Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif

By Categories : Tekno

Sumber energi di bumi dibutuhkan oleh semua jenis makhluk hidup untuk melangsungkan hidup. Energi alternatif merupakan sumber energi yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari yang bisa digunakan secara bersamaan dengan energi konvensional. Sumber energi dibedakan menjadi dua yaitu sumber energi alternatif dan sumber energi dari bahan bakar yang berasal dari fosil jaman dulu. Sumber energi yang tidak bisa diperbarui seperti solar, bensin, minyak bumi, batu bara, dan masih banyak lagi.

Kelemahan dari bahan bakar tersebut adalah mencemari lingkungan dengan menimbulkan banyak polusi udara. Selain itu sumber energi tersebut tidak bisa diperbarui karena proses alami yang berasal dari fosil berjuta tahun yang lalu. Nah oleh sebab itu pemerintah berusaha untuk mencari sumber energi lain yang aman terhadap lingkungan, sehingga mengurangi kerusakan pada prmukaan bumi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan sumber energi alternatif. Sumber energi alternatif sudah banyak digunakan oleh negara-negara di dunia. Adapun sumber energi tersebut adalah Air, Angin, Matahari, dan banyak lagi untuk keperluan bermacam-macam mulai dari tenaga kendaraan sampai dengan Pembangkit Listrik. Lalu apa saja keuntungan penggunaan energi alternatif?

Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif

Keuntungan Penggunaan Energi Alternatif

Ramah Terhadap Lingkungan

Sumber energi alternatif yang digunakan oleh manusia tidak menghasilkan limbah yang dapat membahayakan situasi lingkungan. Kita mengetahui bahwa limbah dapat mencemari lingkungan serta polusi udara. Hal tersebut tentu tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Akibatnya adalah dapat mnimbulkan berbagai ancaman penyakit. Sebagai contoh bahan bakar gas minyak yang digunakan pabrik menghasilkan limbah yang dibuang ke sungai yang sangat berpengaruh buruk terhadap lingkungan. Sedangkan energi alternatif sumber angin digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTA) yang aman terhadap lingkungan. Baca juga Harga Nikon D90 dan Spesifikasi

Energi yang Bisa Digunakan tanpa Takut Kehabisan

Berbeda dengan sumber energi yang berasal dari fosil, sumber energi alternatif bisa digunakan tanpa takut kehabisan dan tanpa menimbulkan kerusakan terhadap permukaan bumi. Sumber energi akternatif seperti panas bumi, angin, air, dan sinar matahari tidak akan habis dan bisa terus dimanfaatkan oleh manusia.

Pasokan Sumber yang Melimpah

Tidak semua daerah cukup memiliki energi yang bisa digunakan. Misal saja untuk daerah yang banyak terkena sinar matahari bisa dimanfaatkan dengan media panel surya untuk digunakan dalam segala kebutuhan. Demikian pula untuk daerah yang berangin, maka bisa dipasang kincir angina sebagai media untuk menghasilkan sumber energi atau tenaga.

Sumber Energi yang Bisa Diperoleh Secara Gratis

Sumber energi alternatif bisa didapatkan secara gratis karena disediakan langsung oleh alam tanpa harus membeli. Namun untuk proses instalasi media memang mau tidak mau harus mengeluarkan biaya terlebih dahulu. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan apa yang ada pada minyak bumi, batubara, serta sumber energi fosil lainnya yang mengalami tren harga naik turun.

Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan penggunaan energi alternatif yang bisa Anda ketahui. Baca juga artikel lainnya Baca juga Harga 60D dan Spesifikasi

Loading...