Keunggulan dan Kelemahan Energi Surya

By Categories : Software

Energi surya merupakan salah satu sumber energi alternatif pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). Sumber energi terbarukan ini tidak akan habis meski digunakan secara terus menerus oleh manusia. Berbeda dengan Bahan Bakar Minyak yang berasal dari fosil jutaan tahun lalu yang jumlahnya semakin menipis akibat dari penggunaan manusia secara terus-menerus.

keunggulan dan kelemahan energi surya

Energi surya berasal dari sinar matahari yang menyinari bumi setiap harinya. Untuk memanfaatkan energi surya dibutuhkan media seperti panel surya yang akan mengubah panas dari sinar matahari menjadi energi listrik untuk kehidupan. Meskipun begitu ternyata energi surya memiliki beberapa keunggulan dan kelamahan tersendiri. Nah untuk mengetahui apa saja sebenarnya keunggulan dan kelemahan dari sumber energi yang didapatkan dari matahari yang merupakan sebagai pusat tata surya, ikuti pembahasannya di bawah ini.

Berikut Keunggulan dan Kelemahan Energi Surya

Seperti pada penjelasan di atas tadi bahwa energi surya merupakan sumber energi terbarukan. Matahari memiliki sumber energi tak terbatas yang membuat energi dari matahari tak akan ada habisnya. Untuk mencegah penggunaan Bahan Bakar Fosil yang jumlahnya semakin menipis, banyak negara maju di dunia ini menciptakan berbagai alternatif salah satunya adalah beralih menggunakan sumber energi terbarukan, yaitu energi surya.

Energi surya memiliki berbagai keunggulan dalam kehidupan manusia diantaranya seperti ramah terhadap lingkungan, karena dalam proses penggunaannya tidak menghasilkan emisi karbon yang berbahaya terhadap lingkungan sekitar. Seperti yang kita ketahui bahwa emisi karbon yang disebabkan oleh Bahan Bakar Fosil dapat menyebabkan polusi udara yang berujung pada pemanasan global. Akibat dari pemanasan global membuat perubahan iklim tak menentu disertai dengan mencairnya es di daerah kutub.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, setiap watt yang dihasilkan dari energi surya mampu mengurangi sebanyak 18 ton emisi gas rumah kaca pada lingkungan di setiap tahunnya. Energi surya juga tidak menimbulkan sulfur oksidan serta oksida nitrogen yang dapat menyebabkan hujan asam. Energi surya dapat digunakan oleh setiap orang secara gratis, tanpa energi surya manusia dapat dipastikan tak dapat hidup.

Ini dikarenakan fungsi energi surya sebagai fotosintesis pada tumbuhan yang juga menjadi sumber protein nabati bagi manusia. Lebih banyak penggunaan energi surya maka lebih sedikit manusia bergantung dengan energi fosil jutaan tahun lalu. Energi surya dapat dijadikan sebagai investasi awal dengan media seperti panel surya. Penggunaan panel surya dapat menghemat pengeluaran dana dalam jangka panjang sekaligus.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, ternyata energi surya juga memiliki berbagai kelemahan yang dimiliki. Untuk mendapatkan energi surya menjadi energi listrik dibutuhkan dana yang cukup besar karena membutuhkan panel surya sebagai media penggunaan.

Untuk penggunaan agar semakin efisien, panel surya membutuhkan peningkatan seperti area yang cukup luas untuk proses instalasi yang terbebas dari hambatan seperti pohon ataupun penghalang lain (idealnya panel surya terkena pancaran sinar matahari secara langsung). Proyek seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini membutukan lahan yang cukup luas dengan biaya awal yang dikelurkan juga cukup besar.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai keunggulan dan kelemahan energi surya yang dapat Anda ketahui.

Loading...