Ketahui Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

By Categories : Internet

Di era digital saat ini mendapatkan akes internet bukan menjadi masalah yang sulit. Akses internet saat ini dapat mudah digunakan siapa saja entah melalui perangkat smartphone maupun pc. Terdapat berbagai merk smartphone mulai dari Android, Windows Phone, iOS, dan OS lainnya. Apalagi saat ini terdapat pula provider seluler yang memberikan penawaran akses internet mudah, cepat, dan harga mulai dari yang murah sampai dengan yang mahal.

Namun bagi pengguna smartphone terkadang terdapat keluhan yang menjadi permasalahan seperti masalah koneksi internet putus-putus, internet lambat, sampai dengan kuota internet cepat habis. Sebenarnya untuk permasalahan kuota internet cepat habis adalah cara pemakaian. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menghemat kuota internet. Untuk itu Anda perlu mengetahui penyebab kuota internet cepat habis, berikut adalah beberapa penyebabnya!

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Berikut Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Sering Bermain Game Online

Game online merupakan permainan yang membutuhkan koneksi internet. Untuk mengakses internet tentu juga membutuhkan kuota. Game online memang terasa menyenangkan, saat ini semakin banyak orang yang menyukai game online terutama dimainkan melalui perangkat smartphone. Secara tidak langsung untuk memainkan game online lama kelamaan dapat menyebabkan kuota habis. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kuota cepat habis.

Streaming dan Upload Video

Mengunggah dan streaming video di internet juga menjadi penyebab kuota cepat habis. Apalagi jika ditambah video yang digunakan untuk streaming memiliki kualitas yang tinggi atau HD (High Definition). Di samping itu upload video juga akan memakan kuota yang tidak sedikit. Apalagi ditambah kemudahan dalam mengakses melalui perangkat smartphone.

Sering Mengunduh Aplikasi dan Mengupdate

Penyebab kuota cepat habis yang berikutnya adalah sering mengunduh aplikasi dan mengupdatenya. Mengunduh aplikasi dan mengupdate menjadi aktivitas biasa bagi para pengguna smartphone. Ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang tersedia di masing-masing store membuat pengguna ingin mencobanya. Selain itu mengupdate sistem operasi atau aplikasi menjadi hal yang wajib untuk mengetahui fitur yang baru.

Melakukan Obrolan Video

Video call atau video chat membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Terlebih lagi jika waktu pembicaraan terlalu lama. Hal inilah yang akan menyedot jumlah kuota semakin banyak. Video call saat ini sangat mudah untuk dilakukan melalui smartphone yang memiliki kamera depan dengan media aplikasi-aplikasi khusus. Biasanya untuk melakukan video call akan dihitung jumlah bandwidthnya setiap menit.

Melakukan Streaming Musik

Tidak hanya streaming video yang memakan banyak kuota, begitu halnya dengan streaming musik. Di internet terdapat banyak layanan yang menyediakan streaming musik. Dengan streaming musik, pengguna tidak perlu menggunakan ruang untuk menyimpan file. Namun di sisi lain streaming musik dapat menyebabkan boros akan kuota.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai penyebab kuota internet cepat habis yang perlu Anda ketahui. Baca juga Aplikasi pengukur kecepatan internet.

Loading...