Kepanjangan dari CCTV dan IP Camera beserta Kegunaannya

By Categories : Tekno

Di era digital dimana teknologi semakin maju kebanyakan orang tentu tidak asing dengan keberadaan CCTV. CCTV mungkin sudah umum dan bisa dijumpai melalui pusat perbelanjaan, toko, bank, lampu merah, dan banyak lagi yang memiliki fungsi untuk memantau. Secara umum terdapat dua jenis kamera pengintai yakni CCTV dan IP Camera. Namun mungkin kebanyakan orang belum mengetahui apa kepanjangan dari CCTV dan IP Camera. Nah untuk mengetahui kepanjangan dari kedua jenis kamera tersebut silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

CCTV dan IP Camera

Berikut Kepanjangan dari CCTV dan IP Camera beserta Kegunaannya

Sebelum mengetahui apa itu kepanjangan dari CCTV dan IP Camera, alangkah baiknya jika mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. CCTV pada dulunya dimulai dari negara Jerman pada sekitar tahun 1942 yang pada waktu itu negara Jerman sedang melakukan uji coba peluncuran roket dengan nama V-2 guna melakukan perjalanan menuju bulan.

Roket tersebut juga menjadi inspirasi bagi roket modern termasuk roket Saturn V. Dengan peluncuran roket tersebut bukan hanya pemerintah jerman saja yang ingin melihat, melainkan warga Jerman juga ingin melihatnya. Antusias tersebut direspon positif oleh pengembang yakni Siemen AG. Siemen AG terus berpikir untuk menghindari bahaya yang tak diinginkan dengan menunjuk seorang insinyur asal Jerman yakni Walter Bruch sebagai penanggung jawab proyek tersebut.

Nah dari situ insinyur tersebut membuat kreasi baru dengan inovasi dari perangkat kamera serta televisi. Perangkat teknologi CCTV pertama kalinya digunakan di dunia yang sampai saat ini dikembangkan oleh banyak perusahaan di berbagai negara. Untuk kepanjangannya silahkan simak pembahasannya di bawah ini!

Kepanjangan dari CCTV

CCTV merupakan singkatan dari “Closed Circuit Television” yang mempunyai arti televisi signal yang sifatnya tertutup, sehingga membuat CCTV hanya bisa diakses melalui server dari CCTV tersebut pada ruangan tertentu. Untuk arti yang lebih mudah CCTV adalah sebuah perangkat nirkabel yang digunakan dalam mengambil serta merekam. CCTV digunakan untuk mengawasi seperti kawasan militer, perbankan, pabrik, toko, bank, gudang, mall, sampai dengan perumahan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tindak kejahatan serta melacak pelaku jika terjadi tindak kejahatan. CCTV memiliki ukuran kamera beragam seperti persegi, bulat, dan panjang dengan ukurannya yang cukup besar.

Kepanjangan IP Camera

IP camera merupakan singkatan dari “Internet Protocol Camera. Berbeda dengan CCTV, untuk IP Camera memiliki harga yang lebih mahal. Ini dikarenaka IP Camera menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan CCTV. Ukuran IP Camera pada dasarnya berbentuk kecil serta minimalis yang dipasangkan pada suatu ruangan dengan tujuan yang sama yakni pengawasan. Keunggulan yang dimiliki dari IP Camera ini adalah dapat diakses dimana saja, kapanpun dengan menggunakan bantuan koneksi internet. Pengaksesan tersebut dapat dilihat melalui smartphone ataupun tablet.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kepanjangan dari CCTV dan IP Camera beserta Kegunaannya. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

Baca juga artikel mengenai Tips memilih lensa kamera DSLR.

Loading...