Kendaraan Tempur Infanteri Terbaik di Dunia

By Categories : Tekno

Seperti yang kita ketahui, setiap negara tentu memiliki kekuatan militer untuk menjaga kedaulatan negaranya.  Tidak hanya pasukan dengan keahlian khusus saja, kendaraan tempur juga menjadi pendukung kekuatan suatu negara. Ada berbagai macam jenis kendaraan tempur, misalnya kendaraan tempur amfibi yang mampu beroperasi di air maupun darat dan kendaraan tempur infanteri sebagai pendukung pasukan dalam melakukan operasi militer. Setiap negara memiliki kendaraan tempur khusus untuk infanteri, namun tahukan Anda negara mana yang memiliki kendaraan tempur infanteri terbaik di dunia? Simak ulasan berikut!

kendaraan tempur infanteri

Berikut kendaraan tempur infanteri terbaik

  1. Puma

Ini merupakan kendaraan tempur produksi Jerman yang dikembangkan untuk mengganti Marder yang saat ini digunakan oleh pasukan infanteri Tentara Nasional Indonesia. Puma mulai diproduksi tahun 2010 dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia karea memiliki daya tembak yang tinggi. Kendaraan ini dilengkapi meriam utama MK30-2/ABM 30 mm dan juga senapan mesin, peluncur granat dan rudal anti tank. Puma mampu menakan tembakan dengan kaliber 120 mm dan ledakan 10 kg TNT.

  1. K-21

Kendaraan tempur infanteri selanjutnya adalah K-21. Salah satu kendaraan temput terbaik ini diproduksi oleh Korea Selatan sejak 2008. Indonesia memiliki 22 unit K-21 dan menjadi Andalan dari pasukan infanteri. Kendaraan ini dilengkapi meriam 40 mm dan senjata mesin berkaliber 7,62 mm. K-21 mampu menahan peluru armor-piercing 14,5 mm, sedangkan bagian atapnya mampu menahan peluru artileri 155 mm.

  1. CV90

Angkatan Darat Swedia telah menggunakan kendaraan tempur infanteri ini sejak pertengahan tahun 1993. Selain itu, negara seperti Belanda, Denmark, Finlandia, dan Norwefia juga menggunakan CV90 sebagai kekuatan militernya. Kendaraan tempur ini mampu menahan tembakan peluru armor-pearcing 30 mm dan ledakan 10 kg TNT. Dari segi persenjataan, CV90 dilengkapi meriam 40 mm dan senapan mesin 7.62 mm. Kendaraan ini mampi menemph jarak 320 km dengan kecepatan maksimal 70 km/jam.

  1. M2 Bradley

Kendaraan tempur ini diproduksi sejak tahun 1981 dan menjadi andalan pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat. Hingga saat ini hanya dua negara yang menggunakan kendaraan tempur infanteri ini, yakni AS dan Saudi Arabia. M2 Bradley memiliki turent yang mampu menampung 2 orang serta dilengkapi senapan rantai 25 mm. Jika didalam air, kendaraan tempur ini akan memutarkan relnya.

  1. Piranha V

Piranha V diproduksi oleh Swiss dan baru diperkenalkan tahun 2010. Kendaraan ini dilengkapi dengan beberapa senjata, dan untuk senjata utamanya adalah senapan rantai 30 mm. Kendaraan tempur infanteri ini mampu menyesuaikan ketinggian pada suspensinya. Selain itu, Piranha V juga memiliki mobilitas di jalan offroad dengan kecepatan 100 km/jam dan mampu menempuh jarak hingga 550 km.

  1. ASCOD

Kendaraaan tempur ini dikembangkan oleh Santa Barbara Sistemas dan saat ini dioperasikan oleh Angkatan Darat Spanyol dan Austria. Negara Spanyol memiliki 356 kendaraan jenis ASCOD yang diberi nama Pizarro, sedangkan Austria diberi nama Ulan dengan jumlah 112 unit. Kendaraan ini dilengkapi dengan plat baja dengan tingkat perlindungan balistik STANAG 4569 level 4/5, perlindungan dari bahan nuklir, perindungan ranjau, dan mampu menampung 11 kru di dalamnya. ASCOD memiliki senjata berupa meriam otomatis RWM MK 30-2 mm dial feed, senapan mesin, serta peluncur granat. Salah satu kendaraan tempur infanteri terbaik di dunia ini mampu melaku hingga kecepatan maksimum 70 km/jam dengan jangkauan 500 km.

  1. VBM Freccia

Kendaraan ini digunakan oleh Angkatan Darat Italia. VBM Freccia adalah kendaraan tempur beroda 8×8 dan mampu menampung 11 personel lengkap. Kendaraan ini dilengkapi dengan meriam otomatis Oerlikon KBA 25 mm, senapan mesin 7,62 mm, serta peluncur opsiaonal rudal anti tank. VBM Freccia dilapisi baja yang mampu menahan senjata ringan , pecahan peluru, ranji anti tank, artileri ringan, dan IED. Mesin diesel IVECOY pada kendaraan ini mampu memberikan kecepatan maksimum sampai 105 km/jam dengan jangkauan 800 -1.000 km.

  1. Tulpar

Ini merupakan IFV yang dikembangkan oleh perusahaan Turki Otokar. Kendaraan ini muncul pada acara International Defence Indusrty Fair. Kendaraan tempur ini dirancang untuk di medan perang. Tulpar mampu mengangkut 11 personel ke garis depan zona perang. Kendaraan ini diintegrasikan dengan remot kontrol Mizrek -30 dan meriam otomatis 30 mm dual feed. Selain itu, Tulpar juga dilengkapi senapan mesin 7, 62 mm serta rudal anti tank jarak jauh L-UMTAS. Kendaraan ini mampu menahan serangan kaliber 14,5 mm dan didesain agar mampu menahan ledakan. Tulpar mampu menmpuh jarak 600 km dengan kecepatan maksimum 70 km/jam.

  1. VBCI

Kendaraan infanteri ini digunakan oleh Angkatan Darat Perancis dan menjadi andalan karena kinerja dan daya angkutnya yang terbaik di dunia. Saat ini Angkatan Darat Perancis memiliki 630 unit VBCI. Kendaraan tempur ini dilengkapi dengan meriam otomatis dual feed 25 mm standar NATO serta senapan mesin yang dioperasikan melalui stasiun penembak. VBCI mampu menampung 11 personel dengan peralatan lengkap dengan jangkauan 750 km dan dengan kecepatan maksumum 100 km/jam.

baca juga Senjata Buatan Pindad yang Mendunia

Loading...