Kelebihan Windows Phone Dibanding Android dan iOS

By Categories : Software

Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa Android merupakan sistem operasi dengan pengguna terbanyak, bukan berarti sistem operasi tersebut memiliki kelemahan. Saat ini terdapat 4 sistem operasi yang merajai dunia gadget seperti iOS, Android, dan juga Windows Phone, sedangkan untuk OS Blackberry saat ini memang sedikit kalah ditengah persaingan yang semakin ketat.

kelebihan Windows Phone

Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri yang tidak dimiliki sistem operasi lainnya. Dengan adanya persaingan ketat mereka terus mengembangkan inovasi agar tidak tertinggal dan dapat terus bersaing. Hal ini juga dilakukan oleh Windows Phone agar dapat bersaing dengan iOS maupun Android. Ditengah kepopuleran Android dan iOS, ternyata Windows Phone memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan Android dan iOS. Apa saja kelebihan Windows Phone tersebut? Ketahui pembahasannya di bawah ini!

Berikut Kelebihan Windows Phone Dibanding OS Lainnya

User Interface

Secara umum ketiga sistem operasi tersebut memiliki user interface atau tampilan yang berbeda-beda. Untuk Windows Phone memiliki Live Tiles yang bisa diatur serta disesuaikan ukurannya oleh para pengguna. Hal inilah yang menjadi salah satu andalan dari Windows Phone dalam urusan tampilan dibandingkan dengan dua platforms lainnya tersebut. Meskipun begitu Android maupun iOS sama-sama juga memiliki tampilan berbeda dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Keamanan

Meskipun iOS dianggap memiliki keamanan terbaik dibandingkan dengan platforms lain, tetapi Windows Phone nampaknya juga tak mau kalah. Perusahaan Microsoft tentu berusaha meningkatkan fitur keamanan pada ponsel besutan mereka untuk menghindari pencurian data yang bisa disebabkan oleh infeksi malware maupun pencurian data.

Ketahanan Baterai

Kelebihan Windows Phone berikutnya adalah dalam urusan ketahanan pada baterai. Tidak mau kalah dengan platforms lain seperti Android maupun iOS yang memiliki fitur penghemat baterai, Windows Phone juga mempunyai pilihan battery saver atau penghemat baterai yang akan menunjukkan lama atau tidaknya kinerja pada baterai, sehingga kemungkinan besar para pengguna dapat menonaktifkan background pada aplikasi maupun fitur yang kurang dibutuhkan. Dengan begitu konsumsi daya baterai akan lebih hemat.

Cortana

Windows Phone memiliki virtual asistan yang disebut dengan Cortana. Sama halnya dengan Google Now pada Android, Siri pada iOS, Windows Phone juga memiliki Cortana. Cortana dapat memberikan hasil penelusuran ketika terdapat pertanyaan yang diberikan pada Cortana sama dengan pada Google Now dan Siri. Pada Windows Phone asisten pribadi Cortana lebih baik dan dapat dibandingkan dengan apa yang ada pada Siri maupun Google Now. Sebagai pengembang Microsoft tentu memperbarui kinerja Cortana agar dapat bekerja lebih baik ketika digunakan para pengguna.

Aplikasi Office

Windows Phone merupakan besutan dari Microsot, sedangkan Microsoft sangat terkenal sekali dengan OS pada desktop seperti Windows. Aplikasi Office built-in gratis membuat Windows Phone akan sangat cocok digunakan oleh para pelaku bisnis maupun pelajar. Aplikasi Office akan tersedia pada ponsel Windows Phone dari harga terjangkau sampai dengan yang termahal.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan Windows Phone dibandingkan dengan platforms lainnya. Setiap sistem operasi tentunya memiliki kelebihan kelemahan masing-masing. Baca juga artikel tentang Kelebihan iPhone dibandingkan Android.

Loading...