Kelebihan USB Type C yang Wajib Diketahui

By Categories : Gadget

USB merupakan singkatan dari Iniversal Serial Bus yang telah digunakan sejak tahun 1995 oleh banyak perusahaan di dunia dengan standar kabel serta koneksi antar perangkat. Dengan menggunakan USB, pengguna dapat mentranfer data dan juga mendapatkan daya. Ketika berbicara mengenai USB terdapat generasi mulai dari USB generasi 1.0 sampai dengan generasi 3.0 dan yang terbaru adalah USB Type C atau dikenal dengan USB 3.1.

Dengan teknologi terbaru ini tentunya akan memiliki banyak kelebihan dibanding generasi sebelumnya. Teknologi USB type c digunakan pertama kali oleh Apple pada Macbook terbarunya. Namun saat ini USB type c sudah banyak diaplikasi pada perangkat smartphone dengan OS Android seperti Meizu Pro 5, Xiaomi Mi4C, Nexus 6P, Nexus 5X, dan perangkat smartphone lainnya.

Kelebihan USB Type C yang Wajib Diketahui

Untuk smartphone dengan OS Android pertama yang menggunakan teknologi ini adalah OnePlus 2. Terbukti bahwa jenis konektor terbaru ini memberikan kecepatan dalam transfer data dan juga meningkatkan proses pengisian daya baterai. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan USB type c yang merupakan generasi terbaru, simak ulasannya di bawah ini!

Berikut Kelebihan USB Type C yang Dapat Anda Ketahui

Proses Pengisian yang Lebih Cepat

Seperti pada pembahasan di atas, bahwa USB type c jauh lebih cepat dalam proses pengisian daya ketimbang generasi sebelumnya. Dengan kelebihannya tersebut membuat proses pengisian baterai jauh lebih cepat. USB type c mampu mengalirkan listrik lebih besar yakni dengan daya 20 Volt dan 5 Ampere. Daya tersebut lebih besar ketimbang generasi sebelumnya yakni hanya 5 Volt dan 1,8 Ampere saja.

Proses Transfer Lebih Cepat

Kelebihan berikutnya alalah kecepatan transfer daya yang lebih cepat daripada microUSB 2.0 yang sampai saat ini masih digunakan pada beberapa smartphone Android. Port USB type c ini dikatakan mampu memiliki kecepatan sampai 10 Gbps dalam memindahkan data dari komputer. Kecepatan tersebut 2 kali lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya yakni USB 3.0 yang memiliki kecepatan 5 Gbps. Sementara untuk USB 2.0 memiliki kecepatan maksimal sampai 480 Mbps.

Memiliki Desain Bentuk Lebih Ramping

Kelebihan USB type c berikutnya adalah meiliki desain yang lebih ramping. Semakin lama teknologi semakin maju, ini ditandai dengan smartphone yang memiliki desain semakin tipis. Hal ini tentunya diimbangi dengan port USB yang berukuran kecil guna menyesuaikan. Dibanding dengan USB 3.0 atau USB 2.0, USB type c memiliki desain dan ukuran yang lebih ramping. Selain itu port terbaru ini memiliki bentuk yang sama, sehingga pengguna tanpa perlu takut terbalik ketika memasangkannya pada smartphone.

Dapat Menampilkan Gambar Dengan Resolusi 4K

Kelebihan lainnya adalah dapat menampilkan gambar dengan kualitas 4K. Namun membutuhkan konektor tambahan ketika ingin menghubungkan dengan smartphone dengan teknologi USB type c ke perangkat dengan layar besar. Ini dikarenakan rata-rata TV yang menggunakan port HDMI atau VGA.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai kelebihan USB type c yang dapat Anda ketahui.Untuk kelebihan lainnya adalah lebih awet dan tahan lama.

Loading...