Kelebihan Sistem Basis Data Secara Umum

By Categories : Software

Ada banyak kelebihan sistem basis data dibanding sistem konvensional lainnya. Pemanfaatan basis data dalam merancang sistem cukup banyak dijadikan sebagai bisnis dan pengembangan sistem informasi. Berikut kelebihan sistem basis data yang dapat dilihat secara umum.

Sistem Basis Data

  1. Efisiensi dari pengambilan dan request serta transmisi data

Kelebihan yang pertama adalah adanya efisiensi dari proses lalu lintas data dalam sebuah sistem atau jaringan. Dengan adanya sistem basis data maka proses transmisi, request, dan proses penerimaan data akan menjadi lebih cepat dan efisien.  Ini akan membantu siapa saja yang menggunakan sistem basis data akan menjadi lebih mudah dalam memperoleh informasi.

  1. Data yang digunakan bermanfaat untuk banyak pihak

Basis data yang sudah terimpan di dalam server hanya dapat diakses oleh administrator server saja jika tidak diimplementasikan ke dalam sebuah sistem basis data. Ini tentu akan mempersempit fungsi utama dari data yang beredar. Dengan adanya sistem basis data maka seluruh data yang terdapat dalam server mampu dilanjutkan atau diatur sedemikian rupa dan dapat dimanfaatkan oleh banyak pihak, salah satunya user. Sehingga sistem basis data tersebut dapat dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan.

  1. Pengontrolan dan pengawasan terhadap data terpusat

Kelebihan berikutnya adalah proses pengontrolan akan menjadi lebih efisien. Proses yang dimaksud meliputi fungsi pengawasan dan fungsi maintenance dari setiap data yang telah disimpan dalam basis data. Hal ini membuat segala bentuk pengontrolan dan pengawasan terhadap kondisi data dan lalu lintas data akan mudah dikontrol serta diawasi karena sudah terpusat. Dimana pengawasan tersebut sudah menggunakan program DBMS.

  1. Efisiensi storage, ruang penyimpanan baik fisik ataupun virtual

Kelebihan sistem basis data juga membantu Anda yang memiliki kapasitas terbatas. Dengan adanya kelebihan ini Anda dapat melakukan manajemen terhadap data dalam sebuah basis data, yakni dengan mengurangi, menambah, atau melakukan pengaturan lainnya terhadap data Anda. Selain itu, dengan adanya basis data Anda tidak perlu menyimpan data secara fisik yang beresiko hilang, dicuri, dan sebagainya.

  1. Penggunaan tipe dan informasi data yang akurat

Database system memiliki kelebihan dalam penggunaan tipe data serta informasi yang lebih akurat.  Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengontrolan terhadap semua data yang Anda miliki. Sehingga Anda dapat melihat lalu lintas data yang sidang atau sudah pernah berjalan. Ini juga berguna untuk user, dimana user akan mendapatkan informasi sesuai dengan input  atau query yang digunakan saat melakukan pencarian.

  1. Dapat melakukan manajemen terhadap basis data kapanpun

Untuk para programer ataupun administrator, penggunaan sistem basis data memang sangat penting. Hal ini karena dapat membantu saat melakukan proses menajemen terhadap basis data sehingga akan jauh lebih cepat, efisien, dan muda untuk dikontrol. Jika tidak terdapat sistem basis data, maka seorang administrator akan mengalami kesulitan dalam pengolahan data.

  1. Keamanan dan proteksi data yang tinggi

Dengan sistem basis data Anda tidak perlu khawatir lagi dengan penyusup yang akan melakukan pembobolan data milik Anda. Biasanya sebuah sistem basis data telah dilengkapi dengan fitur keamanan tersendiri. Minimal sistem tersebut akan menggunakan fitur keamanan yang bisa diakses hanya dengan menggunakan sebuah PIN atau password. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah tindakan-tindakan yang tidak bertanggung jawab yang beresiko mampi membobol dan melakukan peretasan terhadap data dan informasi penting yang Anda punya.

  1. Setiap data yang berada di dalam basis data dapat langsung digunakan tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu

Kelebihan sistem basis data adalah semua data yang Anda miliki yang berada dalam sistem dapat digunakan secara langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Teknisi dan administrator hanya cukup memiliah data mana yang ingin ditampilkan, serta data mana yang tidak boleh diakses atau harus dengan kata kunci khusus. Sebagai contoh adalah restoran. Sistem basis data dapat diibaratkan sebagai restoran cepat saji yang dapat bekerja secara cepat untuk menyajikan makanan bagi Anda.

  1. Data yang tersimpan di dalam storage atau server bersifat independen

Data independen artinya adalah segala data yang berada dalam basis data tidak akan berubah, kecuali dilakukan perubahan data sendiri. Sebagai contoh, saat Anda akan memberikan informasi dan keterangan kepada user atau pengguna dengan menggunakan sistem basis data, maka hal itu bukan merupakan susunan komponen atau format yang digunakan pada basis data yang asli.

  1. Autentifikasi pengambilan data lebih jelas dan terstruktur dengan baik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa faktor keamanan dalam sistem ini akan membuat data sulit untuk dibobol. Hal ini karena berhubungan dengan proses autentifikasi yang perlu dilewati baik oelh administrator maupun user saat mengakses sebuah sistem basis data.

Dengan adanya system database, saat ini diperlukan sistem operasi yang kovensional . Beberapa software DBMS yang dapat dipakai adalah MySQL, Oracle, DB2, Microsoft SQL Server, dan Microsoft Acces.

Loading...