Kelebihan dan Kelemahan Motor Teknologi Injeksi

By Categories : Tekno

Teknologi injeksi saat ini tidak hanya digunakan untuk kendaraan bermotor yang menggunakan transmisi manual, tetapi juga digunakan untuk kendaraan bermotor matic. Injeksi merupakan sebuah teknologi yang digunakan pada mesin untuk melakukan pembakaran dengan mencampur bahan bakar dan udara sebelum terjadi proses pembakaran. Dengan menggunakan teknologi injeksi bahan bakar kendaraan akan memiliki tenaga mesin lebih jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan sistem karburator biasa.

Ini dikarenakan motor teknologi injeksi membuat bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan secara otomatis akan tercampur homogen. Dengan begitu membuat sistem injeksi bahan bakar akan terkontrol saat terjadinya proses pencampuran bahan bakar dengan udara lebih baik dan tepat. Untuk saat ini sudah banyak teknologi injeksi yang menggunakan sistem elektronik, meski sistem awal pada teknologi ini menggunakan sistem mekanikal.

Untuk sistem elektronik sudah menggunakan sensor dalam memonitor kinerja dan kondisi dari mesin serta dilengkapi sebuah unit kontrol. Oleh karena itu kendaraan bermotor dengan transmisi manual maupun matic yang menggunakan teknologi injeksi memiliki performa dan tenaga lebih, efisien dalam bahan bakar karena proses pembakaran yang lebih baik, serta mampu mengurangi polusi udara. Nah untuk mengetahui kelebihan motor injeksi dan kelemahannya, silahkan ikuti pada pembahasan di bawah ini!

injeksiInilah Kelebihan dan Kelemahan Injeksi

Kelebihan Motor Teknologi Injeksi

  • Bahan bakar lebih irit. Teknologi injeksi pada kendaraan bermotor lebih irit penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan karburator biasa. Proses pembakaran yang sempurna dan lebih baik membuat penggunaan bahan bakar lebih dapat diminimalisir.
  • Ramah terhadap lingkungan. Seperti pada penjelasan di awal tadi bahwa motor teknologi injeksi lebih ramah terhadap lingkungan dibandingkan dengan kendaraan biasa. Ini dikarenakan teknologi injeksi yang membantu proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin lebih sempurna, sehingga emisi yang ditimbulkan lebih berkurang.
  • Mesin motor mudah untuk dihidupkan. Kelebihan motor teknologi injeksi berikutnya adalah mesin motor mudah untuk dihidupkan dalam segala cuaca. Ini dikarenakan motor injeksi menggunakan sensor pada mesin yang mampu melakukan pengaturan suhu.
  • Proses service yang tergolong cepat. Rata-rata kendaraan bermotor dengan teknologi injeksi saat melakukan service menggunakan teknologi komputer untuk melakukan pengecekan. Service yang dilakukan juga cukup ringan dengan membersihkan busi, klep, serta filter udara pada motor matic yang menggunakan teknologi tersebut.

Meski memiliki berbagai kelebihan, motor teknologi injeksi juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya seperti:

Kelemahan Motor Teknologi Injeksi

  • Motor dengan sistem injeksi tidak bisa service di sembarangan bengkel. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan terbilang modern, karena dalam servicenya membutuhkan komputer ataupun laptop. Oleh karena itu mau tidak mau harus bengkel resmi untuk menservice motor yang menggunakan sistem injeksi.
  • Jika terjadi kerusakan sparepart pada motor injeksi membutuhkan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan motor biasa yang menggunakan sistem karburator.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai kelebihan motor teknologi injeksi beserta kelemahannya.

Baca juga  Cara kerja mesin mobil injeksi.

Namun demikian masih banyak orang yang belum bisa menerima motor dengan teknologi injeksi, alasannya adalah mereka beranggapan perawatan mesin injeksi lebih sulit. Padahal untuk perawatan motor injeksi tidak beda jauh dengan motor biasa, yang perlu Anda lakukan adalah perawatan yang tepat agar performa motor tetap maksimal.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar performa motor injeksi Anda tetap maksimal.

Tips Perawatan Motor Injeksi

Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Motor dengan teknologi injeksi disarankan menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan 90 ke atas. Hal ini karena bahan bakar tersebut akan berpengaruh terhadap performa mesin. Selain itu, bahan bakar yang berkualitas juga tidak meninggalkan kerak pada sistem injeksi. Hal ini tentu akan menghindari keruskan pada komponen mesin.

Perhatikan kondisi aki

Motor dengan teknologi injeksi sangat bergantung pada kondisi aki untuk menghidupkan mesin di sistem pembakaran. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kondisi aki secara rutin. Anda dapat menambahkan air aki yang beredar di masyarakat jika air aki motor injeksi Anda berkurang. Namun apabila aki sudah tidak mampu menghasilkan arus listrik maka segera ganti motor injeksi Anda.

Periksa ECU

Electronic Contorl Unit  atau ECU merupakan komponen penting dalam pengoperasian sistem injeksi motor. ECU bertugas mengatur unit injektor, diantaranya adalah takaran bahan bakar yang disemprotkan serta buka tutup klep injektor. Jika komponen ni terganggu maka kinerja injektor juga akan tidak akan berjalan sesuai dengan fungisnya. Parahnya adalah dapat membuat motor menjadi mogok. Untuk itu Anda harus memeriksa ECU secara berkala.

Perawatan busi

Busi merupakan bagian terpenting dari sepeda motor. Komponen ini merupakan pematik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran mesin. Anda dianjurkan untuk merawat busi secara berkala agar performa menjadi maksimal dalam pembakaran bahan bakar.

Loading...