Kelebihan dan Kelemahan Energi Nuklir

By Categories : Tekno

Penggunaan energi nuklir terkadang menjadi perdebatan berbagai pihak. Ada yang setuju dan ada yang kurang setuju dalam penggunaan energi nuklir. Di beberapa negara maju di dunia sudah menggunakan energi nuklir untuk berbagai bidang. Hal ini dikarenakan energi nuklir memiliki pasokan energi yang lebih besar jika dibandingkan dengan energi gas maupun energi yang berasal dari minyak bumi.

kelebihan dan kelemahan energi nuklir

Dengan pasokan energi dalam jumlah besar, energi nuklir kerap menjadi solusi bagi negara yang memiliki jumlah energi yang terbatas. Meskipun begitu energi nuklir memiliki kelebihan dan kelemahan di dalamnya. Untuk mengetahui apa saja yang dimiliki dari kelebihan dan kelemahan energi nuklir, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Kelebihan dan Kelemahan Energi Nuklir

Kelebihan Energi Nuklir

  • Seperti pada penjelasan di atas bahwa energi nuklir mampu memberikan pasokan energi yang sangat besar. Bahkan perbandingan yang dihasilkan dalam reaksi nuklir memberikan energi sampai dengan satu juta lebih besar dibandingkan dengan energi angin dan air, meski energi angin dan air tidak akan ada habisnya. Dalam 1 kg uranium mampu disetarakan dalam menghasilkan energi sampai dengan 15000 ton dari batu bara yang merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbarui.
  • Kelebihan energi nuklir yang berikutnya adalah tidak terlalu menyebabkan efek rumah kaca. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan menggunakan energi bahan bakar minyak dapat menyebabkan efek rumah kaca karena mengandung gas karbondioksia, karbonmonoksida, metana, dan gas berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan pemanasan global yang merusak ozon bumi. Selama proses reaksi nuklir tidak menimbulkan gas-gas tersebut, sehingga efek rumah kaca tidak dilepaskan oleh reaksi nuklir.
  • Kelebihan selanjutnya adalah reaksi nuklir yang menggunakan uranium sebagai bahan bakarnya. Sejumlah kecil uranium sudah mampu memberikan pasokan dari energi nuklir dalam jumlah yang besar. Cadangan uranium di bumi diperkirakan bisa berlangsung sampai dengan 100 tahun dalam hal penggunaan. Penggunaan energi nuklir tidak bergantung dengan bahan bakar minyak yang harus membutuhkan jumlah yang besar untuk menghasilkan energi yang besar.

Kelemahan Energi Nuklir

  • Dapat Menyebabkan Radiasi. Salah satu kelemahan dari energi nuklir adalah dapat menyebabkan radiasi yang berbahaya bagi ekosistem dan menyebabkan kanker, mutasi gen akibat dari radiasi nuklir. Meski begitu para teknisi biasanya menggunakan pengamanan sebaik mungkin.
  • Biaya yang dikeluarkan cenderung besar. Meski energi nuklir mampu memberikan energi dalam jumlah besar, tetapi biaya operasional yang dibutuhkan cukup besar. Reaktor nuklr tetap dapat menghasilkan energi selama terdapat uranium di dalamnya.
  • Menghasilkan limbah nuklir yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan sekitar jika salah dalam menanganinya. Oleh sebab itu reaktor nuklir perlu penanganan khusus agar tidak terjadi peledakan yang dapat menghasilkan radiasi. Bahayanya radiasi dari nuklir dapat sampai berjuta-juta tahun lamanya.

Demikianlah tadi pembehasan mengenai sejumlah kelebihan dan kelemahan energi nuklir yang dapat Anda ketahui. Baca artikel terkait Cara kerja pembangkit listrik tenaga nuklir.

Loading...