Kelebihan dan Kekurangan VPN beserta Fungsinya

By Categories : Internet

VPN atau Virtual Private Network merupakan jaringan private yang tidak digunakan secara umum. VPN biasanya digunakan oleh mereka yang membutuhkan keamanan melalui internet guna melakukan berbagai aktivitas dalam dunia internet. VPN tentunya sudah tidak asing bagi kalangan pengguna internet. Terdapat banyak kelebihan yang dimiliki dengan menggunakan VPN.

VPN sangat populer di kalangan pengguna internet. Dengan menggunakan VPN seseorang dapat mengakses segala situs termasuk situs yang diblokir. Nah untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai VPN, pada pembahasan kali ini membahas mengenai kelebihan dan kekurangan VPN beserta fungsinya.

Kelebihan dan Kekurangan VPN beserta Fungsinya

Berikut Kelebihan dan Kekurangan VPN beserta Fungsinya

Fungsi dan Cara Kerja VPN

Sebelum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan VPN, alanglah baiknya jika mengetahui apa saja fungsi dari VPN. VPN atau Virtual Private Network memiliki fungsi diantaranya adalah untuk keperluan akses remote desktop, mengakses antara jaringan LAN satu dengan LAN yang lain, memiliki kemampuan untuk membatasi fungsi internet, dan banyak lagi.

VPN ini mendukung protokol jaringan seperti IPSec, SOCKS, PPTD, dan L2TP. Protokol tersebut membantu untuk proses otentikasi. Secara umum jaringan VPN telah dienkripsi yang akan meningkatkan fitur keamanan. Dalam hal ini VPN tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar. Untuk menggunakan VPN penguguna memerlukan server yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer.

Dalam memulai koneksi, pengguna komputer akan menggunakan aplikasi VPN Client. Aplikasi tersebut akan mengontak server VPN yang kemudian akan memverifikasi username serta password pengguna. Jika berhasil maka VPN Server akan memberikan IP Adress baru pada komputer si pengguna. Dengan begitu sebuah koneksi atau tunnel akan terbentuk.

Untuk selanjutnya komputer pengguna dapat melakukan berbagai hal seperti melakukan transfer data secara aman, melakukan remote desktop, dan keperluan lainnya. Bagi pengguna VPN dapat membuka situs-situs yang telah diblokir jika menggunakan jaringan internet biasa. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan VPN? Simak pembahasannya di bawah ini!

Kelebihan VPN

  • Dengan menggunakan VPN pengguna dapat mengakses komputer ataupun jaringan dari mana saja asalkan terdapat koneksi internet.
  • Memiliki tingkat keamanan, dengan menggunakan koneksi VPN pengguna dapat berselancar dengan aman termasuk melalui WiFi hotspot. Baca Juga Aplikasi Internet Gratis untuk Android
  • VPN menjadi solusi biaya efektif bagi organisasi bisnis dengan menggunakan jaringan khusus.
  • VPN dapat bekerja di jaringan public seperi WiFi hotspot maupun jaringan pribadi. Melihat cara kerjanya tersebut memuat VPN termasuk sebagai jaringan yang fleksibel.
  • Dapat membuka situs yang diblokir serta menyembunyikan alamat IP yang digantikan dengan IP Publik VPN.

Kekurangan VPN

  • VPN membutuhkan perhatian dalam menetapkan sistem keamanan yang jelas untuk mencegah tindakan cyber crime. Ini disebabkan dengan penyediaan akses secara publik.

Terdapat banyak solusi yang ditawarkan oleh VPN seperti memberikan koneksi jarak jauh, file sharing, serta hal lain yang berhubungan dengan jaringan. Demikianlah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan VPN beserta fungsinya yang bisa Anda ketahui. Terdapat berbagai fitur yang ditawarkan melalui layanan internet bisa ditawarkan juga melalui VPN dengan efektivitas biaya. Baca Juga Spesifikasi beserta Harga Nexus 6P Terbaru

Loading...