Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

By Categories : Tekno

Sumber energi dibutuhkan oleh manusia untuk segala keperluan sehari-hari. Salah satu sumber energi yang tidak akan ada habisnya adalah sumber energi alternatif seperti berasal dari angin, sinar matahari, dan banyak lagi. Sumber energi alternatif dapat dimanfaatkan menggunakan media. Salah satu media yang dapat digunakan untuk memanfaatkan sumber energi alternatif dari sinar matahari adalah panel surya.

Panel surya merupakan sebuah perangkat yang sudah dirakit untuk mengkonversi dari sinar matahari menjadi sebuah energi listrik dengan adanya sel-sel yang disebut fotvoltaik. Dengan memanfaatkan energi alternatif tentu dapat menghemat persediaan gas alam, minyak bumi, yang jumlahnya dapat habis dan tidak dapat diperbaharui mengingat sumber energi tersebut berasal dari fosil jutaan tahun yang lalu.

Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

Di beberapa negara di dunia menggunakan panel surya untuk mencukupi kebutuhan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari. Panel surya secara umum mempunyai kurun waktu selama 20 tahun lebih dan tidak terlalu mempengaruhi dalam efisiensi penggunaan. Namun jika dibandingkan dengan energi fosil memang efisiensi yang didapatkan kalah, karena untuk panel surya komersial sekarang ini efisiensi yang dicapai pada angka 15 persen. Meskipun begitu panel surya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya

Kelebihan Panel Surya

  • Posisi panel surya menghadap langsung sinar matahari untuk mendapatkan energi panas dari sinar matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Kita tahu bahwa sinar matahari merupakan sumber energi paling banyak yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
  • Sampai saat ini teknologi panel surya terus bersaing dengan energi fosil, meski kalah namun panel surya menjadi sumber energi yang aman untuk digunakan terhadap lingkungan mengingat panel surya tidak menimbulkan polusi atau efek rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global.
  • Dengan menggunakan panel surya, manusia dapat menghemat penggunaan energi fosil yang jumlahnya semakin hari semakin berkurang akibat digunakan secara terus menerus.
  • Rata-rata masa pakai panel surya mencapai 20 tahun lebih, tanpa takut kehilangan efisiensi saat digunakan.
  • Pemeliharaan dari panel surya cukup terbilang sederhana, mengingat panel surya tidak terdapat bagian yang bergerak.

Kekurangan Panel Surya

  • Meskipun mengalami penurunan harga, panel surya dapat dibilang masing mahal karena saat ini harga panel surya rumah rata-rata mencapai $12000 sampai dengan $18000.
  • Ketika salah dalam memasang panel surya, maka media tersebut dapat mengalami panas yang berlebihan.
  • Seperti pada penjelasan di atas, bahwa efisiensi dari panel surya mencapai kurang dari 20 persen melainkan hanya 15 persen saja.
  • Ketika sudah tidak digunakan lagi, panel surya dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan jika tidak dilakukan dengan prosesur aman. Ini dikarenakan panel surya memiliki kandungan silikon, selenium, sulfur heksa fluoride, dan juga kadnium.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan panel surya yang dapat Anda ketahui. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun panel surya dapat bermanfaat menghemat penggunaan energi fosil yang terus berkurang.

Baca juga artikel tentang Teknologi mobil listrik yang sedang berkembang.

Loading...