Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

By Categories : Tekno

Saat ini banyak negara yang berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi mobil listrik. Dengan adanya mobil listrik diharapkan suatu saat nanti dapat mengurangi produksi mobil dengan menggunakan bahan bakar minyak. Mobil dengan menggunakan bahan bakar minyak dapat menyebabkan polusi udara yang berakibat pada pemanasan global.

Selain itu bahan bakar dari fosil jutaan tahun lalu juga semakin menipis akibat terus digunakan oleh manusia. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan bakar fosil tidak dapat diperbarui. Oleh sebab itu manusia terus melakukan pengembangan untuk menggantikan bahan bakar fosil. Setelah teknologi panel surya sudah digunakan untuk mendapatkan energi listrik dari sinar matahari, kini kendaraan mobil listrik turut dikembangkan.

kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Mobil listrik hadir dengan 100 persen bebas polusi udara, sehingga sangat aman dan ramah terhadap lingkungan sekitar. Meskipun begitu seperti halnya dengan panel surya, mobil listrik juga memilki kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Nah sekedar memberitahukan kepada Anda, di bawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang perlu diketahui.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Kelebihan Mobil Listrik

  • Seperti pada penjelasan di atas, bahwa mobl listri ramah terhadap lingkungan. Hal ini berarti berdampak positif untuk mengurangi pemanasan global yang dapat menyebabkan mencairnya kutub utara dan selatan.
  • Kelebihan mobil listrik yang kedua adalah lebih hemat energi dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak yang berasal dari fosil jutaan tahun lalu. Efisiensi mobil listrik mencapai angka 48 persen, angka tersebut lebih besar dibandingkan efisiensi mobil bahan bakar konvensional yang hanya kisaran 25 persen saja.
  • Mobil listrik tidak mudah terbakar dan tidak mudah meledak. Hal ini menjadi kelebihan yang diberikan oleh mobil listrik dengan begitu pengendara akan merasa lebih aman saat mengendarai.
  • Diperkirakan umur pakai mobil listrik mencapai 90 tahun, jika mobil tersebut dikendarai dengan jarak paling tidak 50 mil setiap harinya.
  • Kelebihan mobil listrik berikutnya adalah biaya perawatan yang lebih murah dibandingkan dengan biaya perawatan pada mobil menggunakan bahan bakar konvensional.

Kekurangan Mobil Listrik

  • Sampai saat ini harga mobil listrik masih dibandrol dengan harga yang mahal bahkan harga yang dibandrol dapat lebih dari 10.000 dollar Amerika Serikat.
  • Tipe mobil listrik yang diproduksi sampai saat ini masih terbatas serta pengisian daya yang membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan bakar yang membutuhkan waktu hanya beberapa menit saja.
  • Mobil listrik akan membutuhkan pemanasan tambahan ketika digunakan pada iklim dingin. Hal ini tentunya akan membutuhkan energi lebih ekstra. Berbeda dengan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak yang secara otomatis akan membuat mesin panas dengan adanya proses pembakaran yang berlangsung ketika digunakan.

Demikianlah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Cara kerja mesin injeksi.

Loading...