Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

By Categories : Software

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan sistem DBMS atau database menagement system, maka Anda pasti sudah mengenal software besutan dari perusahaan teknologi Microsoft ini, yaitu Microsoft SQL Server. Microsoft SQl merupakan produk unggulan dari Microsoft yang bergerak di bidang managemen basis data, dimana software Transact SQl sebagai query utamanya.

Microsoft SQL Server

SQL sendiri merupakan Structures Query Language yang artinya suatu jenis bahasa komputer yang digunakan untuk mengakses data yang terdapat pada sebuah basis data. Hingga saat ini hampis semua DBMS menggunakan bahasa SQL untuk mengkorelasikan dan mengimplemenasikan dari pengolahan database.

Kelebihan Microsoft SQL

  1. Bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows

Kelebihan dari Microsoft SQL Server tentu saja dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows, seperti Windows XP, Vista, Windows 7, dan Windows 8. Ini karena software ini dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft.

  1. Mendukung banyak software database

Kelebihan yang kedua adalah mendukung berbagai macam software database. Ini tetnu akan membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah saat mengolah database. Anda dapat menggunakan software database opaoun  dan tidak perlu khawatir jika tidak kompatibel dengan software Microsoft SQL.

  1. Dapat membuat Clustering data

Microsoft SQL Server memiliki kelebihan yang cukup baik untuk membantu melakukan pembuatan dari clustering data. Clustering data tersebut dapat mempermudah pekerjaan management database. Hal ini karena data-data yang akan diolah nantinya menjadi lebih mudah diimplementasikan menjadi beberapa cluster.

  1. Dapat melakuakan backup data

Kelebihan software ini adalah dapat melakukan backup data. Hal ini tentu membantu Anda saat terjadi gangguan pada database. Anda dapat menggunakannya kembali saat terjadi eror atau terjadi kesalahan.

  1. Memiliki fitur recovery dan restore data

Ini berfungsi jika ada beberap basis data yang mengalami kerusakan, maka Anda dapat melakukan recovery data menggunakan software Microsoft SQl Server ini. Hal ini dianggap sebagai pemecah masalah saat data hilang  dari management data yang dilekukan user.

Kekurangan  Microsoft SQL Server

  1. Harga cukup tinggi

Untuk membeli Microsoft SQL cenderung mahal dibanding software lainnya. Ini dinilai wajar karena Microsoft SQL Server adalah software yang sangat kompete di bidang DBMS.

  1. Tidak Milti OS

Ini artinya software Microsoft SQL hanya dapat bekerja di sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Mac, Linux, dan Ubuntu maka Anda tidak dapat menggunakannya.

  1. Sulit digunakan pada bahasa pemrograman lain

SQL Server cenderung lebih mudah digunakan untuk bahasa pemrograman .net. Jika Anda menggunakan bahasa pemrograman lain maka Anda akan mengalami kesulitan. Selain itu DBMS juga membutuhakan fungsi CPU yang besar.

Loading...