Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP beserta Pengertiannya

By Categories : Internet

Setelah pada pembahasan kemarin membahas mengenai pengertian sekaligus kelebihan dan kekurangan kabel STP, pada kesempatan kali ini beralih membahas mengenai kelebihan dan kekurangan kabel UTP beserta pengertiannya. Kabel UTP, kabel STP, dan kabel FTP merupakan jenis dari kabel Twisted Pair yang memiliki karakteristik dan kelebihan kekurangan tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP

Setiap orang yang akan membangun sebuah jaringan komputer membutuhkan kabel jaringan sebagai perangkat keras serta media transmisi data menu komputer lainnya. Dalam penggunaan kabel disesuaikan dengan kebutuhan pasalnya tiap kabel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan kabel jenis UTP? Yuk ketahui pada pembahsannya di bawah ini!

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kabel UTP

Pengertian Kabel UTP

  • Sebelum mengetahui apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari kabel UTP yang merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan kebanyakan orang dalam membangun sebuah jaringan komputer. Kabel UTP singkatan dari Unshielded Twisted Pair merupakan kabel jenis Twisted Pair.
  • Jika diartikan secara keseluruhan kabel ini tidak mempunyai pelindung pada bagian dalam yang biasanya berupa aluminuim foil, sehingga memang lebih beresiko terkena interferensi gelombang elektromagnetik. Sedangkan untuk Twisted Pair merupakan jenis kabel berbelit yang berpasangan.
  • Kabel UTP ini terdiri dari beberapa komponen bahan di dalamnya seperti kawat tembaga yang letaknya berada di tengah-tengah dengan fungsi untuk media konduktor listrik. Setiap kawat tembaga kabel UTP dilapisi dengan insulator dengan warna yang berbeda.
  • Adapun fungsi dari insulator tersebut adalah melindungi kawat tembaga ketika dipilin tidak bersentuhan langsung dengan kawat tembaga lainnya. Kemudian bahan lainnya adalah cable jacket yang terletak pada bagian paling luar. Cable jacket berfungsi melindungi kabel UTP dari segala gangguan dari luar. Kabel jenis UTP tidak dilindungi bahan pelindung berupa aluminium foil layaknya pada kabel STP.

Nah setelah mengetahui pengertian dari kabel UTP yang termasuk ke dalam jenis kabel Twisted Pair, berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kabel UTP.

Kelebihan Kabel UTP

  • Kabel UTP (Unshielded Twsited Pair) cenderung memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan harga kabel jaringan lain.
  • Proses instalasi yang mudah dan tidak rumit menjadi kelebihan lain yang dimiliki kabel UTP, sehingga banyak orang yang menggunakannya.
    Proses pemeliharaan kabel jaringan UTP cukup mudah, cocok dan banyak digunakan untuk di dalam ruangan.
  • Kabel UTP memiliki konektor dan kabel relative kecil, sehingga kabel ini cukup fleksibel dengan kemudahan ketika proses crimping. Oleh sebab itu kabel UTP terkenal dengan proses instalasi yang mudah.

Kekurangan Kabel UTP

  • Kabel jaringan UTP tidak memiliki perlindungan berupa aluminium foil sehingga sangat rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik yang berasal dari perangkat lain.
  • Jarak jangkauan yang terbatas dengan kisaran 100 meter, sehingga kalah dengan jenis kabel lain termasuk kabel fiber optik dan kabel coaxial.
  • Transmisi data yang dimiliki kabel UTP cenderung lambat, sehingga kebanyakan orang memilih kabel fiber optik yang terkenal akan kecepatannya.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan kabel UTP beserta pengertian yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel terkait Perbedaan kabel UTP dan STP.

Loading...