Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)

By Categories : Internet

Wireless merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang sangat bermanfaat dan berpengaruh terhadap perubahan dunia karena mampu menghubungkan banyak orang dari seluruh dunia. Jaringan tanpa kabel atau wireless itu sendiri adalah sebuah teknologi yang mampu mentransmisikan paket data tanpa menggunakan kabel sebagai penghantar. Salah satu perangkat keras jaringan komputer ini menjadi alternatif utama bagi user untuk mengakses internet.

jaringan tanpa kabel

Saat ini jaringan wireless sudah manfaatnya dan sering diaplikasikan untuk berbagai macam keperluan. Namun, sebagai teknologi yang terus berkembang, tentu jaringan tanpa kabel ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan jaringan wireless

  1. Tidak membutuhkan instalasi kabel yang panjang

Jaringan wireless tidak perlu menggunakan kabel untuk menggunakannya, sehingga hal ini akan mempermudah Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot membeli kabel dengan ukuran yang cukup panjang.

  1. Cocok digunakan pada jaringan dengan cakupan area yang luas

Karena tidak menggunakan kabel maka teknologi wireless akan mudah untuk diaplikasikan pada sebuah jaringan yang memiliki area cakupan cukup luas. Dibanding menggunakan kabel, jaringan ini tentu akan sulit dibangun.

  1. Kecepatan data stabil

Kelebihan dari jaringan tanpa kabel adalah kecepatan data yang cenderung stabil. Hal ini karena menggunakan beberapa media seperti gelombang radio, gelombang mikro, dan cahaya infra merah.

  1. Kompatibel dengan banyak perangkat, seperti smartphone dan laptop

Penggunaan jaringan wireless sudah banyak terlihat manfaatnya. Hal ini terlihat dari banyaknya para pengguna smartphone dan laptop yang menggunakan jaringan wireless untuk berbagai aktivitas.

Kekurangan jaringan wireless

  1. Instalasi dan pengembangan cukup mahal

Salah satu kekurangan dari jaringan tanpa kabel adalah implementasi dan modal yang cukup tinggi. Dalam sebuah perusahaan telekomunikasi biasa, penggunaan jaringan wireless akan memiliki beban yang jauh lebih tinggi dibanding sebuah jaringan menggunakan kabel.

  1. Peralatan atau perangkat keras jaringan yang masih mahal

Untuk membangun jaringan wireless dibutuhkan  biaya yang cukup mahal. Seperti misalnya weireless modem atau router.

  1. Kekuatan sinyal tergantung kondisi cuaca

Kelemahan lain dari jaringan wireless adalah jika kondisi cuaca buruk maka sinyal yang dipacarkan akan buruk juga. Ini karena jaringan tanpa kabel memanfaatkan udara sebagai penghantar transmisi data. Saat kondisi cuaca dan udara kurang baik akan berpegaruh terhadap sinyal menjadi tidak stabil.

  1. Sinyal dipengaruhi oleh lingkungan fisik atau penghalang

Kekurangan lain pada jaringan ini adalah kekuatan sinyal akan dipengaruhi oleh penghalang seperti tembok yang tinggi atau tebal. Adanya tembok tersebut akan menghambat dan mempengaruhi kualitas sinyal dan proses transmisi data. Terlebih lagi jika Anda berada di antara gedung bertingkat maka proses transmisi data pasti terganggu.

Loading...