Kelebihan dan Kekurangan Energi Panas Bumi

By Categories : Tekno

Inti bumi memiliki suhu mencapai sekitar 7200 derajat Fahrenheit. Dengan suhu tinggi yang berada di bawah pemukaan bumi ini dapat menghasilkan energi dalam jumlah yang sangat besar bagi manusia. Salah satu penggunaan dari energi panas bumi adalah untuk keperluan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang bisa menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang besar.

kelebihan dan kekurangan energi panas bumi

Energi panas bumi termasuk sumber energi terbarukan dari alam yang disimpan di dalam bumi. Penggunaan energi panas bumi dapat menjadi alternatif penggunaan selain energi bahan bakar minyak yang berasal dari fosil jutaan tahun lalu yang jumlahnya semakin menipis akibat penggunaan terus menerus oleh manusia.

Oleh sebab itu sudah seharusnya manusia menggunakan energi alternatif untuk mengurangi pemanasan global serta penghematan penggunaan sumber energi yang tak dapat diperbarui. Namun tidak hanya kelebihan saja, energi panas bumi juga memiliki kekurangan. Untuk mengetahuinya simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Energi Panas Bumi

Kelebihan Energi Panas Bumi

  • Kelebihan energi panas bumi yang pertama adalah ramah terhadap lingkungan sekitar. Penggunaan energi panas bumi tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Dengan begitu akan mengurangi efek dari pemanasan global yang disebabkan oleh emisi dari bahan bakar minyak. Dalam penggunaannya sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi tidak dibutuhkan bahan bakar minyak yang dapat menyebabkan polusi udara.
  • Kelebihan berikutnya adalah jumlah energi panas bumi yang sangat besar. Energi panas bumi merupakan salah satu energi terbarukan yang relative tidak habis meski digunakan oleh manusia secara terus menerus. Ini dikarenakan sumber dari energi panas bumi terus aktif akibat dari peluruhan radioaktif dari mineral.
  • Kelebihan energi panas bumi selanjutnya adalah sebagai sumber paling bersih dibandingkan dengan energi yang didapatkan dari sumber energi fosil. Sumber yang berasal dari energi fosil dapat menyebabkan polusi serta emisi gas yang bisa menimbulkan pemanasan global yang berakibat mencairnya es di kutub secara perlahan.

Kekurangan Energi Panas Bumi

  • Memerlukan biaya modal yang besar dalam penggunaannya. Biaya modal yang besar menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan panas bumi. Ini dikarenakan dalam penggunaan energi panas bumi memerlukan eksploitasi serta pengeboran terlebih dahulu. Meskipun begitu biaya yang besar akan tertutupi dengan manfaat yang diberikan dari energi panas bumi.
  • Kekurangan energi panas bumi berikutnya adalah sumber energi ini hanya bisa dibangun pada sekitar lempeng tektonik saja dengan suhu tinggi yang tersedia di dekat permukaan bumi.
  • Dapat mempengaruhi kestabilan tanah di sekitar sumber energi panas bumi yang dimanfaatkan. Hal ini akan mempengaruhi struktur dari permukaan tanah dan kekhawatiran terhadap senyawa lain yang timbul akibat dari proses pengeboran.

Demikianlah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan energi panas bumi yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Baca juga artikel mengenai Kelebihan dan kelemahan energi nuklir.

Loading...