Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

By Categories : Internet

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, maka semakin juga banyak orang untuk belanja online. Dalam belanja online seseorang harus mengetahui bagaimana cara yang benar dan aman untuk melakukan transaksi. Hal tersebut guna untuk menghindari hal buruk seperti kasus penipuan yang marak terjadi (Baca Juga Tips Belanja Online).

Saat ini internet mudah dijangkau oleh siapa saja, karena kemudahan dalam mengaksesnya. Internet dapat diakses melalui perangkat seperti smartphone, laptop atau komputer. Sebagian orang memilih belanja online karena menawarkan kenyamanan dan mudah. Di Indonesia sendiri terdapat toko online terbesar dan terpercaya yang dapat Anda jadikan media untuk bertransaksi online. Namun setiap aspek tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya dengan belanja online. Lalu seperti apakah kelebihan dan kekurangan belanja online? Simak ulasan dibawah ini!

kelebihan dan kekurangan belanja online

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

Kelebihan Belanja Online

1. Salah satu kelebihan belanja online yang banyak diminati banyak orang adalah tidak perlu pergi ke pusat perbelanjaan seperti mall, atau pasar tradisional, karena Anda dapat membeli item yang Anda inginkan dari rumah. Yang perlu Anda lakukan adalah memesan terlebih dahulu pada situs online yang terpercaya.

2. Ketika Anda belanja dari rumah, maka otomatis akan menghemat waktu, dan tenaga dalam mencari sebuah barang yang Anda inginkan.

3. Terdapat banyak situs yang menawarkan berbagai diskon khusus untuk menarik perhatian para calon pembeli. Nah Anda dapat membeli produk tersebut dengan diskon yang ditawarkan.

4. Anda tidak perlu untuk berpindah-pindah dari toko satu ke toko lain untuk mencari jenis produk yang suah tersedia di pasaran. Pilihan sudah tersedia di toko online dan menjadi salah satu keunggulan dari belanja online.

5. Belanja online akan memberikan hak khusus untuk calon pembelinya yaitu dengan cara memberikan waktu belanja kapanpun, toko online tidak pernah tutup dalam waktu 7 x 24 jam atau full seminggu. Namun biasanya pengiriman barang dilakukan sesuai dengan jam kerja, dan peraturan setiap toko online.

Kekurangan Belanja Online

1. Terdapat jeda waktu dalam melakukan transaksi pembayaran dan juga pengiriman barang yang dilakukan. Biasanya toko online melakukan aturan membayar terlebih dahulu dengan cara men-transfer biaya baru barang akan dikirim ke alamat tujuan.

2. Biasanya terdapat biaya tambahan pada sebuah produk, seperti terdapat biaya pengiriman tambahan.

3. Kemungkinan kerusakan pada sebuah produk saat pengiriman bisa saja terjadi. Nah jika saja produk tersebut mengalami kerusakan maka dapat memakan waktu beberapa hari untuk melakukan penggantian dengan cara mengirim kembali.

4. Modus pembayaran yang mungkin tidak aman dan rawan akan penipuan. Dalam belanja online resiko yang terjadi adalah khasus penipuan, hal ini terjadi jika situs yang Anda kunjungi kurang percaya. Nah untuk mengatasi hal ini maka kunjungi dan pilihlah situs online yang aman, selain itu Anda harus mengetahui kredibilitas sang penjual dan juga para review atau komentar dari pembeli lain. Jika saja terdapat banyak komentar atau review positif maka Anda dapat melanjutkannya.

5. Anda harus memiliki paling tidak kartu debit dan juga kartu kredit untuk media dalam bertransaksi secara online.

Itulah tadi pembahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online yang dapat Anda ketahui, baca juga artikel lainnya Sumber Energi Terbarukan di Indonesia

Loading...