Kelebihan dan Kekurangan Antivirus AVG

By Categories : Software

Antivirus merupakan aplikasi untuk keamanan yang bisa digunakan pada perangkat komputer, laptop, sampai dengan perangkat mobile. Peranan antivirus sangat mendukung dalam hal penggunaan, terutama untuk melindungi perangkat dari ancaman malware dan sejenisnya. Malware dan sejenisnya dapat masuk ke dalam perangkat mobile, komputer, dan laptop melalui perantara seperti internet, usb yang ditancapkan pada komputer atau laptop, sampai dengan di dalam aplikasi yang sudah diinfeksi malware.

Oleh sebab itu sebagai pengguna sebaiknya mencegah malware menginfeksi perangkat yang kita gunakan dengan menggunakan antivirus. Salah satu antivirus terbaik 2015 ini ampuh dalam mengatasi berbagai jenis malware, virus, dan sejenisnya adalah AVG Antivirus. Antivirus ini telah dikenal dengan keampuhan yang dimiliki dalam memberantas dan mencegah virus masuk melalui media internet, USB, dan lain sebagainya.

AVG LOGO_3D_4 flags_FINAL_lens letters

Meskipun begitu setiap antivirus memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Kelebihan dan kekurangan tersebut nampaknya juga terdapat pada antivirus AVG. Lalu Apa saja kelebihan dan kekurangan antivirus AVG, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Antivirus AVG

Kelebihan Antivirus AVG

  • Kelebihan antivirus AVG yang pertama adalah proses instalasi yang mudah, dengan begitu akan memudahkan para pengguna saat ingin menggunakan ke dalam perangkat yang mereka gunakan seperti laptop maupun komputer.
  • Auto update ketika online, antivirus AVG akan meng-update secara otomatis ketika dalam keadaan online atau terhubung dengan koneksi internet. Langkah meng-update antivirus sangat penting untuk memperbarui database mengenai jenis apa saja virus yang baru muncul dengan begitu antivirus akan semakin kuat.
  • Kelebihan berikutnya adalah proses scanning yang cepat dan efektif untuk melacak virus, malware, dan sejenisnya.
  • Memori yang digunakan pada PC atau laptop cenderung tidak terlalu besar, sehingga cukup ringan saat digunakan.
  • AVG antivirus tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk versi berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding versi gratis.
  • Memiliki fitur Anti Spam, Game Mode, Anti Spyware, Emalil Scanner untuk mengecek saat membuka Email Link Scanner, dan juga memiliki fitur Anti Rootkit Protection.

Kekurangan AVG Antivirus

  • Proses update yang memakan cukup lama. Antivirus ini biasanya akan langsung menghapus file yang terinfeksi oleh virus. Proses penghapusan dilakukan beserta virus yang menginfeksinya.
  • Terkadang antivirus ini membaca file dengan format EXE sebagai virus, terutama untuk file crack pada sebuah aplikasi.
  • Proses instalasi yang memakan waktu cukup lama.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan antivirus AVG. Perlu juga Anda ketahui dampak perangkat yang terinfeksi oleh virus di antaranya seperti perangkat (PC atau laptop) cenderung memiliki kinerja lambat, sering mengalami hang, hilangnya beberapa file yang terinfeksi virus, rawan pencurian data akibat infeksi, file tidak dapat dibuka, dan banyak lagi. Mengetahui hal tersebut antivirus menjadi solusi yang tepat untuk mencegah virus masuk yang dapat menyebabkan infeksi pada perangkat. Baca juga artikel tentang Macam-macam antivirus untuk PC.

Loading...