Kelebihan dan Kekurangan Android

By Categories : Software

Sistem operasi Android saat ini menjadi salah satu sistem operasi yang paling populer bagi kalangan pengguna gadget. Sistem operasi milik Google ini mengalami perkembangan pesat dari hari ke hari. Apalagi sistem operasi Android memiliki berbagai versi mulai dari Android 1.0 sampai dengan Android Lolipop 5.0. Rata-rata ponsel Android menjadi yang terlaris di dunia, yang menawarkan berbagai aplikasi yang disediakan secara gratis.

kelebihan dan kekurangan android

Kelebihan dan Kekurangan Android

Kelebihan Android

1. Android merupakan sistem operasi mobile yang paling populer dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Sistem operasi ini termasuk user friendly dan bersifat open source atau terbuka, sehingga akan cukup mudah dikustomisasi. Tak heran jika banyak sekali aplikasi Android yang tersedia melalui Google App Store.

2. Multitasking lebih mudah, Kegiatan yang sering dilakukan para pengguna Android adalah dengan mudah menjalankan berbagai aplikasi atau lebih dari satu. Dalam arti Anda dapat menjalankan aplikasi lebih dari satu seperti browsing internet, bermain game, atau mendengarkan musik. Baca juga Game Balap Mobil PC

3. Bagi Anda pengguna Smartphone Anda dapat mudah meng-upgrade sistem operasi Anda ke sistem operasi Android lebih baru. Untuk upgrade sistem operasi terdapat dua cara yaitu dengan cara online dan juga offline. Untuk cara online Anda harus menunggu dari pihak vendor untuk mendapatkan update terbaru sistem operasi (biasanya terdapat pemberitahuan jika terdapat update), sedangkan untuk offline maka Anda harus mencari tahu sendiri mengenai cara update sistem operasi terhadap perangkat yang Anda gunakan.

4. Ponsel dengan os Android sudah banyak menjadi tren di pasaran dan semakin populer. Konsumen dapat mudah menemukan pilihan ponsel Android dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang terjangkau sampai dengan kelas premium tergantung dengan vendor yang ada.

5. Banyaknya aplikasi baru bermunculan yang ditambahkan setiap harinya. Jika Anda merasa bosan terhadap aplikasi Android yang sering digunakan, maka Anda dapat memilih aplikasi lainnya pada Google App Store. Di dalam situs resmi Android tersebut terdapat aplikasi gratis, dan juga aplikasi berbayar.

Kekurangan Android

1. Tidak semua pengguna dapat melakukan upgrade ponsel mereka dengan versi Android terbaru berikutnya. Biasanya mereka menjaga jarak dengan melakukan update baru, kebanyakan orang melakukan rooting yang memiliki berbagai resiko. Rooting Android merupakan kegiatan yang dapat merusak sebuah smartphone. Biasanya cara ini dilakukan secara offline, cara ini sama halnya dengan jailbreaking yang ada di iPhone.

2. Banyaknya iklan yang ada pada aplikasi. Aplikasi di ponsel Android memang bisa didapatkan dengan gratis dan mudah. Tetapi biasanya kebanyakan di dalam aplikasi tersebut akan ada iklan yang muncul. Iklan-iklan tersebut akan muncul ketika Anda membuka aplikasi tersebut dengan adanya koneksi internet. Namun untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mematikan koneksi sebelum menjalankan aplikasi.

3. Koneksi internet yang terus aktif, yang akan mempengaruhi juga daya tahan baterai. Koneksi internet di Android memang akan terus aktif dan juga akan mempengaruhi daya baterai. Namun cara ini dapat diatasi dengan cara mematikan koneksi internet, lalu ketika butuh barulah di aktifkan.

Itulah tadi pembahasan beberapa mengenai kelebihan dan kekurangan Android. Perlu diingat setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk sistem operasi Android lebih banyak kelebihan, karena sistem operasi ini sangat populer dikalangan masyarakat. Baca juga artikel Spesifikasi Nokia N1

Loading...