Kecanggihan Pesawat Tempur Sukhoi Su-35 Buatan Rusia

By Categories : Tekno

Pesawat tempur digunakan oleh setiap negara untuk mengamankan wilayah kedaulatan mereka. Untuk di Indonesia sendiri sudah memiliki pesawat tempur dengan teknologi canggih yang langsung didatangkan dari negara seperti Amerika Serikat, Rusia, dan juga negara lainnya. Salah satu pesawat canggih yang menjadi incaran Tentara Nasional Indonesia untuk Angkatan Udara adalah pesawat tempur Sukhoi Su-35.

Pesawat Tempur Sukhoi Su-35

Berikut Kecanggihan Sukhoi Su-35

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 merupakan jenis varian terbaru dari seri Su-27M yang sudah lama menjadi andalan Angkatan Udara Uni Soviet dalam beberapa dekade lalu. Dalam segi peningkatan pihak Rusia terus melakukan modernisasi untuk menghasilkan pesawat tempur handal saat di udara. Peningkatan ini dapat dilihat dari berbagai sektor salah satunya adalah untuk sistem avionik. Selain itu pesawat ini juga mempunyai kemampuan dalam menghadapi musuh yang berada di daratan.

Sukhoi melakukan perubahan terhadap pesawat tempur Sukhoi Su-35 mulai dari sistem avionic, aerodinamis, tenaga sampai dengan teknologi pembuatannya. Untuk lebih ringan saat mengudara pesawat tempur canggih yang satu ini mengalami beberapa perubahan terhadap campuran logam berkekuatan tinggi serta meningkatkan kapasitas volume bahan bakar menjadi 11.500 kg avtur.

Dengan melakukan proses pengurangan tersebut pesawat tempur Sukhoi Su-35 mampu bermanuver di udara sampai dengan 120 derajat saat melakukan penyerangan terhadap musuh serta memberikan kecepatan ketika lepas landas dan mampu mengurangi kecepatan ketika akan mendarat. Pesawat tempur Sukhoi Su-35 menjadi saingan dari pesawat tempur Amerika Serikat yaitu F-35 Lightning II, F-22 Raptor dengan teknologi silumannya yang tak terlacak oleh radar musuh.

Pesawat tempur Sukhoi Su-35 mampu terbang dengan kecepatan mencapai 1.400 km/ jam ketika berada di atas laut. Sedangkan pada ketinggian sekitar 60.000 kaki, pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimum 2.390 km/jam atau 2,25 kecepatan cahaya. Adapun jangkauan yang dimiliki Sukhoi Su-35 adalah sampai dengan 3.600 km dan memiliki batas ketinggian sampai dengan 18.000 meter atau 59.000 kaki.

Untuk menunjang kekuatan dari pesawat tempur, Sukhoi Su-35 dipersenjatai dengan canon internal caliber 30mm dengan 150 putaran peluru, peluru kendali dari udara ke udara (R-73), peluru kendali dari udara ke darat, roket serta bom diantaranya seperti bom dengan kombinasi laser KAB-500, KAB-1500, LGB-250, roket dengan kombinasi laser S-25, 250 kg bom FAB-250, 500 kg bom FAB-500, serta roket S-8dan S-13. Dengan berbekal senjata rudal, bom maupun roket ditambah kelincahan di udara membuat Sukhoi Su-35 salah satu pesawat tercanggih di dunia.

Selain itu pesawat ini mampu mendeteksi lawan dari kejauhan dengan adanya sensor radar yang lebih canggih yaitu radar dengan jenis NIIP Irbis-E yang mampu mendeteksi 30 objek di udara, serta 4 objek yang berada di daratan sampai dengan jarak 400 km. Pesawat Sukhoi Su-35 dibandrol dengan harga per unitnya mulai dari 505 miliar rupiah sampai dengan 821 miliar rupiah.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai kecanggihan pesawat tempur Sukhoi Su-35 yang merupakan pesawat canggih menjadi andalan Angkatan Udara Rusia.

Loading...