Kapal Perang Perusak Terbesar di Dunia

By Categories : Tekno

Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih dan terus dikembangkan, salah satunya adalah dalam hal militer. Kekuatan militer pada suatu negara memang diperlukan untuk mempertahankan kedaulatan wilayah dari ancaman negara lain. Opsi militer menjadi cara terakhir jika gagal dalam hal diplomasi. Negara-negara maju di dunia berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi dalam dunia militer seperti Amerika dan Rusia.

Untuk mengamankan wilayah maritim setiap negara membutuhkan setidaknya kapal perusak sebagai alat pertahanan. Kapal perang perusak atau disebut dengan kapal destroyer merupakan kapal perang yang memiliki kemampuan cepat bermanuver untuk melindungi kapal yang lebih besar seperti kapal induk. Sampai saat ini kapal perang perusak masih kerap digunakan untuk berbagai misi keamanan di dunia. Di antara banyaknya jenis kapal perang perusak di dunia ini, di bawah ini terdapat kapal perang perusak terbesar dengan persenjataan canggih yang sudah disusun secara acak.

kapal perang perusak

Berikut Kapal Perang Perusak Terbesar dan Tercanggih

Kelas Atago (Jepang)

Salah satu kapal perang perusak terbesar di dunia adalah kapal perusak kelas Atago yang digunakan oleh Angkatan Laut Bela Diri Jepang. Kapal Perang perusak ini memiliki berat mencapai 10.000 ton dengan daya tampung personel mencapai 300 orang. Kapal perang perusak kelas Atago memiliki panjang sekitar 165 meter yang sudah dilengkapi dengan persenjataan canggih seperti type 68 triple torpedo rudal anti kapal, meriam 20mm, machine gun, dan berbagai senjata canggih lainnya. Kelas Atago mampu melaju sampai kecepatan 20 knot.

Kelas Daring/ Type 45 (Inggris)

Kapal perang perusak terbesar di dunia berikutnya adalah Kelas Daring/ Type 45 milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Kapal perang perusak ini memiliki total berat mencapai 8.500 ton dengan daya tampung awak mencapai 190 personel. Kelas Daring/ Type 45 sudah dilengkapi dengan persenjataan lengkap dan canggih seperti peluncur rudal Aster, meriam 4,5 inci, rudal Harpoon anti kapal, machine gun, peluncur vertical Sylver A50, dan berbagai senjata canggih lainnya. Kapal perang ini mampu melaju dengan kecepatan 27 knot.

Kelas Udaloy II-Project 1155.1 (Rusia)

Kapal perang perusak terbesar berikutnya adalah Kelas Udaloy II-Project 1155.1, milik Angkatan Laut Federasi Rusia. Kapal perang perusak ini memiliki berat total 8900 ton dengan berbagai kemampuan seperti torpedo anti kapal selam, rudal anti kapal, machine gun, hangar untuk dua helikopter, dan berbagai senjata canggih lain yang berguna untuk menghalau musuh. Kecepatan maskimum mencapai 32 knot.

Kelas Zumwalt (Amerika Serikat)

Kapal perang perusak ini memiliki teknologi canggih yang kabarnya akan dioperasikan secara penuh pada tahun 2016 mendatang. Kapal ini memiliki berat total mencapai 15.610 ton dengan panjang mencapai 186 meter. Kelas Zumwalt dilengkapi berbagai senjata canggih seperti peluncur vertical rudal, torpedo, mampu mengangkut dua helikopter sekaligus, serta diklaim memiliki kemampuan anti radar atau sulit terdeteksi oleh radar lawan.

Kelas Luyang-II ( China)

Ini merupakan kapal perusak baru yang dibuat di galangan kapal Jiangnan Changxing di Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China. Kelas Lutang II atau Tipe 052D memiliki bobot 7.500 ton dengan panjang 155 meter dan lebar 18 meter. Kapal ini mampu membawa 280 personel Angkatan Laut serta dilengkapi senjata coles-in weapon system, tabung terpedo, dan sistem peluncur vertikal. Kapal ini juga dilengkapi fasilitas pendaratan untuk helikopter dan dilengkapidua mesin turbin gas dan dua mesin diesel. Kecepatan maksimal Kelas Luyang-II mencapai 30 knot.

Kelas Sejondaewang (Korea Selatan)

Kapal ini juga dikenal dengan nama DDH-III dan merupakan kapal perusak baru yang dioperasika oleh Angkatan Laut Korea Selatan. Ini merupakan kapal perusak terbesar dalam armada Angkatan Laut negara tersebut dan satu-satunya yang menggunakan sistem tempur Aegis. Bobot kapal perang ini mencapai 10.00 ton dan mampu menampung 300 personel. DDH-III dilengkapi dengan senjata MK-45 Mod 4, rudal anti kapal, Goalkeeper CIWS, dan roket anti kapal selam. Fasilitas lainnya adalah  tempat pendaratan untuk dua helikopter. Kecepatan maksimal kapal ini mencapai 30 knot.

Kelas Kee Lung (Taiwan)

Ini merupakan salah satu kapal perusak terbesar yang dimiliki Taiwan. Awalnya kapal perusak ini dibuat untuk Angkatan laut Iran, namun karena kontraknya batal kemudian dioperasikan oleh Angkatan Laut Taiwan. Kapal dengan bobot 9.574 ton ini mampu menampung 363 personel dengan dilengkapi sistem komunikasi dan alat tempur canggih untuk menjalankan misi. Senjata utama dari kapal perusak ini adalah dua senjata 127 mm, dua CIWS, Mark 32 triple tubes, rudal jarak jaun=h antikapal, rudal permukaan ke udara. Selain itu fasilitas lainnya adalah mampu menampung dua helikopter dan kecepatan maksimal kapal perusak ini mencapai 33 knot.

Nah itulah tadi beberapa kapal perang perusak terbesar di dunia, kapal perang perusak terbesar lainnya seperti Kelas Arleigh Burke/Flight IIA milik Amerika Serikat dengan berat 9.648 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimal mencapai 30 knot.

Baca juga artikel tentang Kapal selam tercanggih di dunia.

Loading...