Kapal Induk Tercanggih

By Categories : Tekno

Di Era modern ini banyak teknologi maju yang yang sudah dikembangkan maupun yang sedang dikembangkan. Salah satunya pada bidang militer. Setelah kemarin membahas mengenai kapal perang terbesar di dunia serta kapal selam tercanggih, pembahasan kali ini masih sama namun sedikit berbeda yaitu mengenai kapal induk teranggih.

Kapal induk merupakan armada perang yang sangat fenomenal dan fantastik, mengingat fungsinya dalam mempertahankan wilayah laut suatu negara. Tidak semua negara memiliki kapal induk, karena biaya dari satu kapal induk saja mencapai miliaran Dollar Amerika. Fungsi dari kapal induk salah satunya adalah dengan membawa armada militer seperti pesawat tempur, helikopter, infantry, tank, persenjataan dan lain sebagainya. Negara-negara maju berlomba untuk mempunyai kapal induk dengan teknologi canggih, berikut tercatat dalam sejarah mengenai kapal induk dengan menggunakan teknologi canggih.

Kapal Induk Tercanggih

U.S.S. John F.Kennedy, Amerika Serikat

U.S.S. John F.Kennedy

U.S.S. John F.Kennedy merupakan kapal induk tercanggih yang satu ini dimiliki oleh Amerika Serikat. Saat ini kapal induk milik Angkatan Laut Amerika Serikat sudah tidak beroperasi lagi. Kapal Induk ini dulunya dijuluki juga sebagai “Big John”. Kapal Induk U.S.S. John F.Kennedy ini juga mampu berperang dengan kapal selam, sehingga menjadikannya sebagai kapal induk dengan berbagai fungsi. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1967 dan berhenti beroperasi pada tahun 2007.

USS Nimitz, Amerika Serikat

USS Nimitz

USS Nimitz juga merupakan kapal perang terbesar di dunia dan memimpin di kelasnya. Kapal ini diluncurkan untuk berbagai misi Amerika Serikat dan juga untuk mengamankan wilayah perairan Amerika. Kapal Induk ini menggunakan tenaga nuklir sebagai penggeraknya, sehingga mampu berada di atas air selama beberapa puluh tahun dalam sekali pengisian. Kapal induk ini mampu membawa sekitar 85 sampai 95 pesawat serta peralatan lainnya. Bobot dari kapal ini mencapai 100.000 ton.

Charles de Gaulle, Perancis

Charles de Gaulle

Kapal induk tercanggih satu ini milik Angkatan Laut Perancis. Seperti halnya dengan USS Nimitz, kapal induk yang satu ini juga menggunakan bahan bakar nuklir sebagai penggeraknya, Kapal induk milik Perancis ini mampu membawa pesawat tempur sebanyak 40, persenjataan berat, serta mampu beroperasi selama 20 tahun tanpa mengisi bahan bakar lagi. Kapal induk ini pernah mengambil beberapa bagian misi, termasuk bertempur dengan Taliban, Afghanistan.

Sao Paulo, Brazil

sao paulo

Kapal induk Sao Paulo Brazil merupakan kapal induk milik Perancis yang sudah dibeli dan mengalami banyak upgrade dan modifikasi. Modifikasi pada kapal induk tersebut adalah seperti mesin, sensor pada kapal induk serta persenjataan defensifnya. Untuk saat ini kapal induk ini memiliki kemampuan ofensif dan digunakan Angkatan Laut Brazil untuk keperluan militer.

INS Vikramaditya, India

INS Vikramaditya

INS Vikramaditya adalah salah satu kapal induk milik Angkatan Laut India. Kapal kelas Kiev ini pada awalnya bernama Baku yang dioperasikan oleh Uni Soviet tahun 1987. Kemudian pada tahun 2004, Baku dibeli oleh India dengan harga mencapai 28 Triliun Rupiah. Kapal induk INS Vikramaditya yang diberi nama negara India tersebut sudah mengalami upgrade dengan menggunakan teknologi canggih seperti penempatan senjata berat, serta mampu membawa pesawat sebanyak 36 pesawat.

Nah itulah beberapa Kapal Induk Tercanggih, adapun lainnya seperti Kapal Kelas Admiral Kuznetsov milik Rusia, serta Kapal Liaoning yang sudah dimodifikasi milik Angkatan Laut China, dan masih banyak lagi kapal induk canggih yang dimiliki negara-negara maju di dunia. Baca juga artikel Perbedaan LCD dan LED

Loading...