Jenis Layar Smartphone Lengkap dengan Perbedaan

By Categories : Gadget

Ketika membeli smartphone, sering kita jumpai istilah TFT, IPS, Amoled, dan juga Super Amoled. Istilah tersebut merupakan jenis dari layar yang digunakan oleh berbagai smartphone yang beredar saat ini. Setiap jenis layar memiliki perbedaan kualitas satu sama lain dengan bandrol harga yang berbeda. Oleh sebab itu biasanya semakin mahal harga dari smartphone, semakin bagus spesfikasi yang dimiliki termasuk kualitas layar serta hardware. Lantas apa saja perbedaan jenis layar smartphone tersebut? untuk mengetahuinya, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Jenis Layar Smartphone Lengkap dengan Perbedaan

Berikut Perbedaan Jenis Layar Smartphone

Layar TFT

Layat TFT (Thin Film Transistor) merupakan salah satu jenis layar yang banyak digunakan oleh berbagai vendor smartphone. Jenis layar ini menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display), sehingga mampu menghasilkan kualitas warna serta resolusi yang cukup tinggi. Jenis layar TFT menempatkan transistor pada setiap layar yang dapat dimatikan dan dinyalakan secara individual. Kelemahan dari layar TFT LCD ialah konsumsi daya baterai cukup besar, akan tetapi memiliki bandrol harga cukup terjangkau dan lebih murah ketimbang jenis lain seperti IPS LCD maupun Amoled. Oleh sebab itu smartphone dengan harga terjangkau biasanya menggunakan jenis layar ini.

Layar IPS LCD

jenis layar smartphone berikutnya IPS (In-Plane Switching) yang merupakan salah satu jenis layar yang menggunakan teknologi LCD yang memiliki perbedaan ketika dipandang. Layar jenis IPS kerap kali digunakan pada smartphone maupun tablet di kelas menengah maupun menengah ke atas. Jenis layar IPS mampu memberikan kesan pada pengguna dengan terlihat cukup jelas di berbagai sudut pandang. Tak hanya itu saja jenis layar IPS LCD juga cukup terlihat meskipun terkena pancaran sinar matahari secara langsung. Akan tetapi Layar IPS memiliki beberapa kelemahan seperti masih membutuhkan konsumsi daya yang besar serta kecerahan yang masih kurang sempurna.

Layar Amoled

Berikutnya adalah layar Amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode). Untuk jenis layar Amoled sering kali digunakan pada smartphone maupun tablet kelas menengah atas. Dengan berbekal teknologi OLED (Organic Light-Emitting Diode) membuat layar Amoled mampu meningkatkan warna lebih cerah, tajam, serta tampilan jelas ketika terkena pancaran sinar matahari. Layar Amoled merupakan transformasi dari jenis layar OLED yang jarang digunakan pada smartphone. Selain memiliki kualitas warna tajam serta cerah, layar Amoled lebih hemat daya sampai dengan 40 persen. Sementara untuk kelemahan layar Amoled seperti harga yang cukup mahal, dikarenakan menggunakan teknologi baru serta memiliki kualitas lebih ketimbang jenis layar di atas. Baca Aplikasi Remote TV Android Terbaik 2015

Layar Super Amoled

Pada dasarnya layar Super Amoled terbagi atas Super Amoled, Super Amoled plus, dan Super Amoled HD. Untuk layar Super Amoled terbaik adalah Super Amoled HD yang memiliki kualitas layar Full HD dengan resolusi mencapai 1280 x 720 piksel. Layar jenis Super Amoled HD memiliki kualitas warna lebih tajam dan natural ketimbang jenis-jenis layar di atas. Selain itu memiliki konsumsi daya baterai jauh lebih rendah dan lebih baik. Kekurangan dari jenis ini adalah harga cenderung mahal dan digunakan untuk smartphone maupun tablet premium.

Layar Retina

Untuk jenis layar Retina display digunakan untuk berbagai produk Apple. Sampai saat ini layar tersebut memiliki kualitas warna, resolusi, dan kecerahan sangat tinggi. Layar Retina merupakan pengembangan dari layar IPS yang dipadukan dengan LED backlit dan resolusinya. Oleh sebab itu tak heran jika jenis layar ini memiliki kualitas bagus dan memiliki harga yang mahal.

Demikianlah tadi pembahasan jenis layar smartphone lengkap dengan perbedaannya. Degan perkembangan teknologi semakin canggih, kini terdapat layar dengan kualitas 4K dengan resolusi 3840 x 2160 piksel yang diusung oleh Sony Xperia Z5 Premium.

Loading...