Jenis-jenis Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

By Categories : Software

Virus Komputer merupakan salah satu program perangkat lunak yang berbahaya yang dibuat dengan sengaja untuk memasuki komputer tanpa izin. Umumnya virus akan melakukan kerusakan yang berpengaruh terhadap kinerja komputer. Virus mampu menggandakan atau menyalin dirinya sendiri kemudian menyebar dengan cara menyisip ke dalam program dan dokumen lain.

jenis-jenis virus komputer

Tujuan virus tersebut adalah untuk merusak atau mengganggu pengguna komputer atau bahkan mencuri data. Semakin pesat perkembangan teknologi, virus komputer juga muncul bervariasi. Ada berbagai jenis-jenis virus komputer hingga saat ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Jenis-jenis virus komputer

  1. Trojan

Ini merupakan virus yang dapat mengendalikan serta mencuri data yang terdapat di dalam komuter. Sebenarnya Trojan bukanlah virus, nmaun karena keberadaannya yang mengganggu maka banyak orang yang mengelompokan menjadi golongan virus komputer yang patut untuk diwaspadai. Lokas penyebaran yang utama adalah semua yang terkoneksi ke internet, seperti email dan data pribadi yang tidak menggunakan password. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan antivirus khusus untuk Trojan, misalnya Trojan Remover atau Trojan Hunter.

  1. Worm

Jenis-jenis virus komputer selanjutnya adalah Worm. Ini merupakan program yang mampu menggandakan diri. Pada dasarnya Worm tidak menginfeksi virus, namun karena kemampuannya dalam menggandakan diri secara cepat. Jika komputer terserang dalam waktu yang lama maka sistem pada komputer Anda akan menjadi rapuh. Lokasi penyebarannya melalui email dan jaringan internet. Cara mengatasinya adalah dapat menggunakan anitivirus biasa. Anda cukup meng-updatenya setiap saat.

  1. Memory Resident Virus

Salah satu jenis virus komputer ini mampu menginfeksi RAM. Virus akan langsung aktif ketika sisrem operasi dinyalakan. Memoru Resident Virus akan mengganggu proses pemanggilan program yang seharusnya dapat berjalan secara normal. Masalah yang ditimbulkan akibat virus ini adalah sistem menjadi lemah. Cara mengatasinya cukup dengan antivirus biasa dan update secara berkala.

  1. Web Scripting Virus

Ini merupakan sebuah kode program komplek yang biasa digunakan untuk mempercantikan konten website. Nah para pelaku yang tidak bertanggungjawab biasanya memanfaatkan ini untuk mengganggu program dan tujuan merugikan orang lain, contohnya JS. Fortnight. Untuk lokasi penyebarannya biasanya berasal dari email dan internet. Cara mengatasinya adalah dengan menginstall Microsoft Tool dai Windows dan lakukan scan secara teratur.

  1. Multiparitite Virus

Merupakan virus komputer yang terdiri dari file untuk menginfeksi sistem operasi. Lokasi penyebarannya terdapat pada RAM, selanjutnya akan menginfeksi hardisk. Contohnya adalah invader, flip, dan tequila. Cara mengatasi jenis virus komputer ini adalah dengan membersihakan adana bed sector dan jika Anda menggunakan sistem operasi Windows maka disarankan untuk melakukan disk defragment.

Itulah jenis-jenis virus komputer yang perlu Anda ketahui.

Loading...