Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer

By Categories : Software

Sistem operasi merupakan salah satu perangkat lunak komputer yang memiliki peran penting dalam sebuah komputer. Tanpa adanya sistem operasi, semua komponen pada komputer tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Secara umum, sistem operasi berarti perangkat lunak yang berisi keseluruhan sistem untuk mengoperasikan rangkaian komputer. Dengan adanya perangkat lunak ini Anda dapat menggunakan komputer untuk berbagai aktivitas seperti akses internet.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Jenis-jenis sistem operasi komputer saat ini berkembang pesat. Setiap perangkat lunak dirancang agar mampu melakukan operasi terhadap berbagai macam perangkat keras agar dapat bekerja dengan baik dan mudah digunakan. Hingga saat ini, sistem operasi komputer tidak hanya digunakan untuk PC atau dekstop saja, namun sudah banyak digunakan oleh smartphone. Jika dilihat dari kontak dan interface, siste operasi komputer dibagi menjadi dua, yaitu Command line interface dan Graphical User Interface.

Berikut jenis-jenis sistem operasi komputer

  1. Windows

Sistem operasi komputer ini salah satu yang terpopuler di dunia. Hampir sebagian orang di dunia menggunakan sistem operasi Windows. Windows sendiri merupakan pengempangan sistem operasi DOS. Dari mulai awal diluncurkan dengan versi 1.0, saat ini sudah memasuki versi 10.0 atau Windows 10.

  1. Mac OS

Mac OS juga cukup populer di dunia dan merupakan pesaing terdekat Windows. Sistem operasi diciptakan oleh Apple dan merupakan sistem operasi pertama yang mendukung GUI. Mac OS terkenal dengan tingkat keamanannya yang cukup baik dan memiliki grafis yang menarik.

  1. Linux

Di antara jenis-jenis sistem operasi komputer lainnya, Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Artinya adalah Linux memiliki source code pemrograman yang dapat dirubah atau dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sistem operasi ini juga gratis dan memiliki kestabilan sistem operasi yang baik sehingga banyak digunakan sebagai sistem operasi server.

  1. Symbian

Sistem operasi ini dapat disebut sebagai cikal bakal munculnya smartphone yang pada saat itu sering digunakan pada perangkat Nokia dan Sony Ericsson. Namun saat ini sistem operasi ini sudah tidak populer lagi dan sistem operasi khusus smartphone.

  1. Android

Jenis-jenis sistem operasi selanjutnya adalah Android. Sistem operasi ini menjadi paling populer di dunia karena memiliki tampilan yang menarik. Android dugunakan pada smartphpne, tablet, dan mini PC. Karena merupakan sistem operasi versi ponsel dari Linux maka Android juga bersifat open source.

  1. Windows Mobile

Ini merupakan sistem operasi versi mobile dari Windows. Windows mobile peertama kali dimunculkan pada tahun 2000 sebagai Windows Pocet PC dan hingga saat ini Windows Phone sudah mencapai versi ke 10.

  1. Blackberry OS

Sama seperti Apple, sistem operasi ini hanya identik dengan satu smartphone saja. Awalnya Blackberry dikembangkan untuk kepentingan bisnis, dengan fitur andalan Blackberry Messenger. Namun hingga saat ini fitur tersebut juga sudah dapat dinikmati oleh pengguna Android, Apple, dan Windows Phone.

Loading...