OS android merupakan OS yang paling dibicarakan saat ini. Dengan berjalannya waktu teknologi dan macam OS android terus berkembang dari versi 1.1 sampai versi android kitkat, dan OS ini akan terus berkembang dengan kemajuan zaman yang ada. Berikut ini adalah jenis – jenis OS android :

os android

1. Android versi 1.1
Android ciptaan pertama ini dirilis pada 9 maret 2009 oleh produsen Google. Versi ini dilengkapi dengan kecanggihan yang di dukung oleh google mail service dengan pembaruan pada aplikasi, jam alarm voice search, pengiriman pesan email dengan gmail, pemberitahuan email dan pembaruan estetis.

2. Android Cupcake / versi 1.5
Android versi ini didukung oleh berbagai fitur canggih salah satu contohnya adalah upload video ke youtube, upload gambar ke picasa langsung dari smartphone dan Bluetooth A2DP yang sudah terintegarsi dengan sangat baik.

3. Android Donut / versi 1.6
Salah satu nama unik yang dimiliki android yang bernama donut ini adalah nama versi lain dari versi 1.6. Android ini lebih menonjolkan dengan aplikasi – aplikasi standart salah satunya adalah proses pencarian yang lebih baik, fitur gallery yang lebih rapi dan user friendly, mendukung resolusi layar WVGA, peningkatan android market dan mampu bisa upgrade OS ke versi 2.1.

4. Android Éclair / versi 2.1
Ini adalah Jenis OS android generasi ke empat yang terdapat penambahan google map di versi ini. Juga memiliki beberapa penambahan fitur yang lebih bagus dan canggih seperti pada kamera 3,2 pixel dengan didukung oleh flash, daftar kontaknya yang istimewa, HTML5 yang didukung pada perubahan User Interface dengan browser baru dan terakhir yaitu dengan penambahan fitur Bluetooth 2.1 dengan kecepatan transfer file lebih cepat.

5. Android Froyo / versi 2.2
Diluncurkan pada tahun 2010, versi ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang baru seperti flash dan di klaim memiliki kecepatan 5 kali lipat lebih cepat dari versi yang sebelumnya, mampu merekam video HD, bisa meletakkan aplikasi di memory card dan kemampuan auto update di android market.

6. Android Gingerbread / versi 2.3
Memiliki kelebihan dan meningkatkan performa seperti peningkatan di game, audio, video, kamera, dll. Dengan keyboard virtual dengan word selection, power management, app control dan dukungan kamera yang lebih menyatu. Memiliki user interface yang hemat energi.

7. Android Honeycomb / versi 3.1
Jenis OS Android ini diciptakan khusus untuk perangkat tablet dan tidak bisa digunakan di ponsel. Di desain khusus sehingga kecanggihan tablet dapat berjalan dengan kinerja maksimal. Memiliki fitur yang telah disesuaikan bagi pengguna tablet.

8. Android Ice Cream Sandwich / versi 4.0
Android pertama yang menggunakan fitur pembuka kunci dengan pengenalan wajah. Android ini juga bisa mampu menghasilkan interface yang lebih bagus dan halus di bandingkan versi sebelumnya. Dan juga terdapat penambahan font pada versi ini.

9. Android Jelly Bean / versi 4.1
Menggunakan fitur baru dan beberapa fitur di perbarui diantaranya adalah pencarian dengan suara yang lebih cepat, informasi cuaca, lalu lintas, dll. Juga mempunyai keyboard virtual yang lebih sempurna. Dan android jelly bean ini terus berkembang sampai versi 4.3.

10. Android KitKat / versi 4.4
Sistem operasi ini mempunyai fitur yang sangat baru diantaranya adalah SMS yang terintegrasi langsung kedalam aplikasi google hangouts. Juga terdapat fasilitas Cloud printing serta dapat mendengarkan perintah suara dari google now tanpa menguras baterai dan bisa mengakses aplikasi kamera walaupun layarnya dalam keadaan terkunci.