Di dunia ini banyak sekali jenis – jenis keyboard, pada kali ini akan menjelaskan tentang jenis – jenis keyboard.

jenis keyboard

Berikut ini penjelasannya :

1. Keyboard QWERTY
Keyboard ini adalah keyboard yang dipakai oleh masyarakat pada umumnya, ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, tata letak keyboard ini berawal dari q, w, e, r, t, y dan selanjutnya. Dari waktu kewaktu keyboard ini mulai berkembang yaitu dengan menjadi standart mesin ketik komersial di tahun 1905. Keyboard ini di desain dengan tombol yang sering di tekan letaknya terpisah, sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan. Meski tata letaknya QWERTY sangat banyak pemakainya , tapi tetapi terdapat kelemahan dan tidak efisien. Contohnya 48 persen dari gerakan salah satunya huruf yang berurutan harus dilakukan dengan tangan dan hanya 32 persen ketukan yang dilakukan oleh pada home row . Beban tangan kiri lebih besar dari pada tangan kanan dengan persentasenya yaitu sebesar 56 persen.

2. Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK dimana susunan hurufnya disusun dengan tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibandingkan dengan tangan kiri. Tata letak DVORAK dirancang dengan 70 persen supaya ketukan jauh dari home row sehingga bisa mengurangi kelelahan pengetikan karena lebih ergonomik. Dengan percobaan – percobaan menunjukkan bahwa tata letak DVORAK lebih efisien di bandingkan dengan QWERTY.

3. Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard ini di desain dengan maksud menyempurnakan jenis – jenis keyboard yang sudah ada yaitu dengan ciri khas memisahkan kedua bagian keyboard antara bagian kiri dan kanan di pisahkan dengan sudut 15 derajat dan miring kebawah. Mempunyai tombol – tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja sehingga lebih nyaman. Tata letak ini dapat mengurangi beban otot pada jemari dan pergelangan tangan dan di desain dengan tujuan untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Karena dipisahkan menjadikan lebih banyak memakan tata ruang.

4. Keyboard MALTRON
Keyboard ini di desain dengan cekung kedalam dengan tujuan untuk pada saat jari jemari di posisikan mengetik maka jari – jari itu tidak akan membentuk garis lurus. Pada dasarnya hanya digunakan 8 jari dari 10 jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard.

5. Keyboard CHORD
Keyboard ini hanya mempunyai beberapa tombol 4 sampai 5, untuk dapat memasukkan huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak sanagt cocok untuk aplikasi portable.

6. Keyboard ALPHABETIK
Tombol – tombol pada papan ketik ini disusun persis seperti QWERTY. Tapi susunan hururnya berurutan sama sepeti alphabet. Keyboard ini biasanya di temukan di mainan anak – anak yang sedang belajar mengenal huruf. Papan ketik ini dengan tata letak alphabet ini justru malah memperlambat pengetikan.

7. Keyboard NUMERIC
Tata letak tombolnya dapat di jangkau dengan tangan. Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang sangat besar orang lebih suka dengan keyboard ini.