Jenis-Jenis Jaringan Komputer

By Categories : Internet

Sebelum memasuki pembahasan mengenai jenis-jenis jaringan komputer, terlebih dahulu mengetahui pengertian dari jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang dapat menghubungkan satu perangkat PC atau komputer dengan perangkat yang lain guna saling berbagi informasi yang berupa data penting atau umum.

Dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan komputer yang tergabung dalam satu jaringan tersebut dapat saling menukar data, media penyimpanan, share printer, dan lain sebagainya. Sudah banyak perusahaan menggunakan jaringan komputer untuk berbagai hal. Manfaat dari jaringan komputer memang banyak, salah satunya seperti di atas. Dari jaringan komputer terdapat jenis-jenis jaringan yang harus anda ketahui, lalu apa saja jenis-jenis jaringan? Jawabannya terdapat pada pembahasan dibawah ini, berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan jenis ini hanya mencakup wilayah kecil dan tidak begitu luas yang biasa digunakan untuk berbagi informasi. Biasanya LAN atau Local Area Network ini digunakan pada komputer kampus, gedung, kantor, sekolah, warnet, bahkan dalam rumah. Dengan adanya LAN maka komputer satu dapat terhubung dengan perangkat komputer lainnya, tentunya harus ada kabel LAN dan koneksi internet sebagai penghubungnya. Baca Juga Tips Melindungi Komputer dari Malware dan Virus

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis-jenis jaringan komputer yang berikutnya adalah MAN atau Metropolitan Area Network). Namanya memang seperti kota besar, MAN merupakan versi LAN yang daya cakup areanya lebih luas, dan biasanya menggunakan teknologi seperti LAN. Jenis jaringan ini dapat menghubungkan suatu lokasi dengan transfer data kecepatan tinggi namun masih dalam satu kota seperti mengubungkan sekolah, kampus, perkantoran, pabrik, serta pemerintahan. Pada umumnya jangkauan MAN ini dapat mencapai 10-50 km.

Internet (Interconnected Network)

Internet (Interconnected Network)

Tentu kita sudah mendengar kata internet. Pengertian internet adalah jaringan komputer yang memiliki jangkauan yang sangat luas dan menyeluruh, bahkan sampai di plosok dunia atau disebut juga dengan kumpulan jaringan yang saling terhubung. Internet sering dimanfaatkan untuk berbagi informasi secara global dari jarak yang sangat jauh, komunikasi, dan lain sebagainya. Apalagi di jaman yang serba modern ini, internet dapat di akses di manapun berada dengan menggunakan gadget, komputer, atau laptop asal terdapat koneksi.

WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network)

Jenis-jenis jaringan komputer selanjutnya adalah WAN atau Wide Area Network. Biasanya jaringan komputer ini memiliki jangkauan yang sangat jauh seperti jangkauan negara dan bahkan antar benua. WAN terdiri dari berbagai kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan berbagai progam atau aplikasi pemakai.

Wireless

Wireless

Jenis Jaringan yang satu ini dapat dibilang paling praktis, karena tidak membutuhkan kabel. Wireless dimanfaatkan untuk komunikasi yang tak membutuhkan kabel. Di dalam pengoprasiannya hanya mengandalkan teknologi frekuensi. Selain itu disebut juga dengan jaringan WLAN atau Wireless Local Area Network atau disebut juga dengan Wi-Fi.

Nah itulah pembahasan mengenai jens-jenis jaringan komputer, sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel Tips Memilih Powerbank

Loading...