Jenis-Jenis Harddisk pada Komputer atau Laptop

By Categories : Hardware

Harddisk merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sangat penting. Tanpa harddisk, semua data dan informasi tidak dapat tersimpan ke dalam komputer. Hal ini karena fungsi harddisk sendiri adalah sebagai media penyimpanan dari komputer maupun laptop. Saat ini harddisk terdiri dari berbagai ukuran yang kapasitasnya dalam bentuk byte, yaitu mulai dari megabyte hingga terabyte.

Jenis-Jenis Harddisk

Harddisk merupakan perangkat keras utama dalam sebuah komputer ataupun laptop. Hal ini cukup penting karena dapat menjadi langkah awal agar komputer tidak melambat. Pada umumnya harddisk dapat dibedakan berdasarkan port yang dimiliki, ukuran hingga jenis harddisk itu sendiri. Berikut adalah jenis-jenis harddisk yang perlu Anda ketahui.

Harddisk Berdasarkan Jenisnya

  1. Harddisk Konvensional

Ini merupakan harddisk yang menggunakan piringan cakram sebagai storage di dalamnya sebagai penyimpanan data pada komputer. Harddisk konvensional lebih rentan mengalami kerusakan karena menggunakan komponen yang berputar saat membaca dan menyalin data. Namun kelebihannya adalah hargnya cukup murah, mudah didapat, dan kapasitas beragam.

  1. Harddisk SSD

Jenis harddisk komputer berikut  sudah menggunakan chip sebagai media penyimpanan. Konsep penyimpanan ini mirip dengan USB flash drive, namun harddisk memiliki kapasitas yang lebih besar. Ada beberapa keunggulan dari harddisk SSD, diantaranya adalah tidak bising, lebih stabil dalam membaca data, startup dan booting lebih cepat, dan lebih tahan terhadap getaran.

Harddisk berdasarkan ukurannya

  1. Harddisk 3.5”

Salah satu jenis-jenis harddisk berdasarkan ukurannya yang pertama adalah harddisk 3.5 inci. Harddisk ini memiliki ukuran yang lebih besar, tebal, dan berat. Biasanya harddisk ini digunakan pada sebuah PC dekstop. Ciri lainnya adalah memerlukan daya tambahan untuk dapat bekerja.

  1. Harddisk 2.5”

Ini merupakan harddisk dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 2.5 inci. Selain digunakan pada laptop, jenis harddisk ini juga sering digunakan untuk harddisk eksternal. Fungsinya sama dengan harddisk 3.5”, yang membedakan hanyalah ukuran dan penggunaannya saja.

Harddisk berdasarkan port

  1. Harddisk IDE

Jenis-jenis harddisk berdasarkan portnya dibagi menjadi empat, yang pertama adalah Harddisk IDE. Ini merupakan port harddisk pertama yang digunakan pada komputer pentium. Harddisk ini memiliki kapasitas maksimal 320 GB saja.

  1. Harddisk ATA

Yang kedua adalah harddisk ATA. Harddisk ini memiliki kecepatan transfer lebih cepat dibandingkan IDE. ATA memiliki sekitar 40 pin kolektor dan setiap pin memiliki tegangan sebesar 5v.

  1. Harddisk S-ATA (SATA)

Ini merupakan jenis harddisk komputer yang merupakan pengembangan dari harddisk ATA. Harddisk SATA terdiri 4 pin untuk keperluan transmisi data, dan 7 pin intuk power supply. Fungsi power supply tersebut adalah untuk menghantarkan arus listrik agar lebih stabil.

  1. SCSI

Jenis-jenis harddisk komputer yang terakhir adalah SCSI. Ini merupakan jenis arddisk yang memiliki kecepatan paling tinggi dan memiliki kapasitas tinggi mencapai 5 TB. Harddisk ini sering digunakan sebagai komputer penyedia database dan komputer server.

Loading...