Inilah Lensa Tambahan untuk Smartphone

By Categories : Tekno

Saat ini dunia fotografi semakin banyak pemintanya, ditambah lagi dengan adanya tren di tengah kalangan masyarakat yaitu foto selfie. Foto selfie memang tengah menjadi tren sampai saat ini. Tidak hanya menggunakan kamera berkelas seperti DSLR atau kamera digital, melainkan juga menggunakan kamera smartphone.

Meskipun tidak sebagus hasil dari kamera DSLR, namun kamera smartphone juga memiliki kualitas yang cukup baik untuk menghasilkan gambar. Apalagi saat ini sudah banyak smartphone yang menawarkan spesifikasi kamera dengan sensor yang cukup besar. Namun dengan seiringnya waktu, lensa tambahan tidak hanya terdapat pada kamera DSLR saja, melainkan juga terdapat untuk smartphone. Setiap jenis lensa tambahan memiliki hasil yang berbeda. Bagi Anda yang mencari tahu mengenai jenis lensa tambahan tersebut, silahkan simak pembahasan di bawah ini!

Lensa Tambahan untuk Smartphone

Berikut Lensa Tambahan untuk Smartphone

Jenis Lensa Fish Eye

Jenis lensa fish eye merupakan lensa dengan sudut yang lebar dengan bentuk cembung. Jenis lensa ini dapat menangkap objek yang diambil sampai dengan 180 derajat. Seperti namanya lensa fish eye yang berarti mata ikan, lensa ini akan memberikan efek pada hasil foto, seperti halnya dengan pandangan mata pada ikan. Lensa fish eye akan menghasilkan gambar seperti dalam gelembung. Biasanya pengguna memadukan jenis lensa fish eye dengan menggunakan smartphone dan tentunya tongkat selfie.

Jenis Lensa Macro

Jenis lensa tambahan untuk smartphone yang berikutnya adalah jenis lensa macro. Jika tadi jenis lensa fish eye yang dapat menghasilkan gambar dengan bentuk melingkar dengan sudut sampai 180 derajat, tetapi untuk jenis lensa macro mampu menangkap gambar pada objek dengan bentuk kecil. Dengan lensa ini sebuah smartphone dapat menangkat dengan objek yang memiliki ukuran kecil dengan detail yang cukup tinggi. Jenis lensa ini memberikan fokus pada objek yang akan diambil. Jenis lensa ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai fotografi pada objek yang memiliki ukuran kecil, sebagai contoh serangga.

Jenis Lensa Wide

Jenis lensa yang berikutnya adalah lensa wide. Lensa wide akan menghasilkan gambar dengan sudut yang cukup luas. Dengan kinerjanya yang dapat mencakup area yang luas, jenis lensa ini cocok digunakan untuk mengambil gambar landscape atau pemandangan alam. Dengan menggunakan jenis lensa ini pada smartphone, memungkinkan pengguna dapat menghasilkan landscape yang bagus. Jenis lensa ini bisa dipadukan dengan jenis lensa macro.

Lensa Tele

Jenis lensa berikutnya adalah lensa tele. Lensa ini dapat mengambil objek yang berada dikejauhan dengan digital zoom yang berkualitas, sehingga mampu menghasilkan gambar yang berkualitas. Pada umumnya fitur digital zoom pada smartphone membuat hasil gambar menjadi kurang detail dan nge-blur. Ini dikarenakan fitur tersebut tidak memiliki kualitas yang cukup baik. Untuk itu jenis lensa tele dapat memberikan zoom mulai 8x sampai dengan 20x zoom serta mampu menghasilkan dengan kualitas baik.

Itulah tadi beberapa pembahasan mengenai jenis lensa tambahan untuk smartphone yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel menarik mengenai Tips memotret sunset dan sunrise.

Loading...