Inilah Kelebihan dan Kekurangan Intel yang Perlu Diketahui

By Categories : Hardware

Jika Anda memiliki sebuah PC, atau Laptop pasti tidak akan asing dengan kata “processor”. Ya Processor merupakan salah satu perangkat hardware yang tertanam dalam mainboard sebuah komputer yang memiliki peranan dan fungsi paling penting dalam sebuah perangkat komputer. Inti dari sebuah komputer dan yang menentukan performa, kualitas, dan daya tahan sebuah perangkat komputer salah satunya ditentukan oleh kualitas processor itu sendiri. Artikel kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Intel. Ya, kita ketahui bersama Intel merupakan raksasa perusahaan teknologi dunia, hampir seluruh perangkat PC dan Laptop, bahkan smartphone yang Anda gunakan sudah ditanamkan processor dari Intel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Intel

Intel begitu populer dikalangan publik, hal ini mungkin disebabkan karena memang kualitasnya dan performanya yang baik atau kegiatan pemasarannya yang baik. Processor diibaratkan sebagai sebuah “otak” dalam suatu perangkat komputer. Tanpa adanya processor tidak akan mungkin sebuah komputer bisa berjalan. Jadi jelaslah pemilihan processor yang baik dan berkualitas akan mempengaruhi performa, kinerja, dan kualitas perangkat secara keseluruhan. Baca juga Perbedaan AMD dan Intel.

Telah dikemukakan di atas bahwa artikel kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Intel, walaupun Intel merupakan perusahaan teknologi terbesar dan paling populer belum tentu sempurna, tetap Intel juga memiliki kekurangan, apalagi sekarang sudah banyak bermunculan perusahaan yang memproduksi processor. Berikut kelebihan dari Intel:

  • Urusan suhu Anda tidak perlu khawatir karena processor itu sendirilah yang mengatur suhu di dalam processor, konsukuensinya jika processor panas kinerjanya akan berkurang.
  • Processor Intel lebih kompatibel dan kuat serta bagus kinerjanya dalam urusan multimedia
  • Tidak bising, ya karena tidak perlu menggunakan kipas pendingin, maka kerja dari processor ini juga tidak bising karena suara kipas atau perangkat ice cooler lainnya
  • Dalam urusan pemasaran Intel jauh lebih perkasa dan bias dibilang sebagai rajanya, sehingga publik juga lebih tertarik membeli dan menggunakan processor Intel.

Setelah Anda mengetahui kelebihan dari processor intel, saatnya Anda mengetahui kelemahan dari processor ini. Walaupun memang processor ini lebih terkenal, sukses dalam pemasaran dan juga merupakan processor dengan pengguna terbanyak, bukan berarti perangkat ini sempurna, tetap memiliki kelebihan dan kekurangan Intel. Berikut kekurangan dari Intel:

  • Untuk urusan grafis ternyata intel lebih lemah dibandingkan pesaingnya yaitu AMD. Grafis dari Intel kurang begitu detail dan kurang maksimal jika digunakan untuk bermain game HD dengan kualitas grafik terbaik.
  • Harganya sangat mahal, namun sebanding dengan performa yang akan Anda dapatkan nantinya, untuk performa dan kualitas yang lebih baik Anda harus mengocek uang lebih dalam lagi
  • Jika terjadi kerusakan processornya maka mau tidak mau Anda juga harus mengganti dengan Mainboardnya, karena processor dan mainboardnya menyatu.
Loading...