Inilah Kelebihan 4G LTE di Indonesia

By Categories : Internet

Bagi yang selalu mengikuti perkembangan teknologi, terutama teknologi broadband dan telekomunikasi wireless pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah 4G LTE. Jaringan 4G LTE saat ini sedang banyak dibicarakan hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.  Hal ini karena 4G LTE merupakan generasi terbaru dari 3G HSDPA dalam dunia seluler maupun smartphone.

Kelebihan 4G LTE

4G merupakan generasi ke empat yang mengacu pada generasi teknologi telepon seluler. Empat generasi ini mulai dari GSM, GPRS, 3G HSDPA, dan yang sekarang adalah 4G. Pada generasi ke empat ini banyak kelebihan yang ditawarkan dibandingkan generasi yang sebelumnya. Sedangkan LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution, hal ini didasarkan pada teknologi seluler  yang mengharuskan betasan kecepatan minimal 100 Mbps. Sedangkan pada kenyataannya saat ini tidak semua provider dapat mencapai kecepatan tersebut, sehingga penggunaan LTE akhirnya digabungkan dengan 4G. Dimana LTE merupakan bagian dari 4G namun belum dapat mencapai kecepatan 4G sepenuhnya. Walaupun demikian untuk kecepatan yang dihasilkan sidah jauh lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu 3G HSDPA.

Kelebihan 4G LTE

Ada banyak kelebihan dari teknologi ini, antara lain :

  • Kecepatan download seluler mencapai 100 Mbps bahkan lebih

Kelebihan dari 4G LTE pada smartphone adalah mampu mencapai kecepatan download yang jauh lebih cepat dibanding 3G. Bahkan kecepatan download tersebut dapat menyamai kecepatan download layanan internet rumah.

  • Streaming anti buffering menggunakan smartphone

Kelebihan 4G LTE selain dapat mendowload dengan cepat juga dapat menghindari buffering saat streaming. Hal ini tentunya akan membuat Anda lebih nyaman saat melihat video atau film secara online.

  • Pengalaman internet lebih cepat

Dengan menggunakan 4G LTE pengalaman internet Anda akan lebih menyenangkan karena Anda dapat membuka berbagai situs web menggunakan smartphone 4G LTE Anda lebih mudah, cepat dan tentunya lebih stabil dibanding generasi sebelumnya.

  • Video call lebih lancar dan mempermudah komunikasi

Kelebihan 4G LTE selanjutnya adalah mampu mempermudah komunikasi menggunakan video call.  Saat ini komunikasi menggunakan video call sudah banyak dilakukan orang agar lebih mudah. Hal ini juga didukung oleh banyaknya aplikasi mobile yang bisa Anda gunakan.

Namun di balik kelebihan 4G LTE terdapat pula kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dari 4G LTE.

  • Masih sedikit cakupan wilayah yang tercover jaringan 4G LTE

Kekurangan pertama adalah dari segi cakupan wilayahnya. Di Indonesia sendiri baru beberapa kota saja yang mampu mengakses jaringan 4G LTE. Hal ini menjadi kendala beroperasinya jaringan 4G.

  • Untuk menggunakannya harus melalui proses penukaran SIM Card

Agar dapat menikmati jaringan 4G LTE Anda diharuskan untuk menukarkan SIM Card Anda. Hal ini bagi sebagian orang cukup merepotkan.

  • Keterbatasan perangkat handheld atau smartphone yang kompetibel

Tidak semua perangkat smartphone bisa Anda gunakan untuk mengakses jaringan 4G LTE. Karena Anda untuk menikmatinya Anda harus menggunakan smartphone yang sudah support jaringan 4G LTE.

Smartphone 4G LTE terbaik

Ada berbagai macam ponsen berteknologi 4G LTE di Indonesia, harganya pun relatif terjangkau. Jika Anda bingung mencari ponsel 4G LTE terbaik. Berikut beberapa referensi yang bisa Anda pilih.

  1. Xiaomi Mi 4i (16 GB)

Vendor asal China ini memang terbukti selalu menawarkan smartphone canggih denngan harga yang relatif murah, salah satunya adalah Xiaomi Mi 4i. Smartphone ini dibekali dengan teknologi LTE dan menggunakan processor Octa Core 64 Bit dengan chipset Qualcoom Snapdragon 615. Selain itu Xiaomi Mi 4i juga dibekali dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB. Untuk layar, smartphone ini mengadopsi layar Full HD dengan ukurna 5 inci dan berteknologi Sunlight Display. Dari segi fotografi, smartphone ini memliki kamera berukuran 13 Megapiksel dan 5 Megapiksel untuk kamera depan.

  1. Lenovo A7000

Lenovo juga merilis smarphone Android berteknologi 4G LTE. Lenovo A7000 memiliki layar berukutan 5.5 inci dengan teknologi IPS dan beresolusi HD 720p. Untuk hardware yang digunakan, pihak Lonevo membekali smartphone ini dengan processor Mediatek MT6752m yang mampu mencapai kecepatan Octa Core 1.5 Ghz. Spesifikasi tersebut juga masih dipadukan dengan RAM berkapasitas  2 GB. Dilihat dari sektor kamera, Lenovo A7000 dibekali dengan kamera berukuran 8 Megapiksel pada kamera utama dan 5 Megapiksel pada kamera depan.

  1. Samsung Galaxy J5

Bagi Anda gemar foto selfie, smartphone 4G LTE ini bisa menjadi pilihan. Samsung Galaxy J5 dibekali kamera 5 Megapiksel untuk kamera depan dan 13 Megapiksel untuk kamera utama. Kamera tersebut dibekali dengan fitur LED Flash, autofocus, dan fitur menarik lainnya. Samsung Galaxy J5 dibekali dengan layar berukuran 5 inci berteknologi Super Amoled Display yang memiliki resolusi Full HD. Layar tersebut mampu memberikan gambar yang sangat jeernih dan tajam. Tidak sampai disitu saja, pihak Samsung juga membekali smartphone 4G LTE ini dengan processor Quad Core 1.2 Ghz dengan dipadukan RAM berkapasitas 1.5 GB. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Lollipop.

Loading...