Inilah Cara Mengatasi Hard Disk Bad Sector Yang Bisa Anda Lakukan Dirumah

By Categories : Hardware

Bagi Anda yang suka berlama lama di  depan layar komputer atau bermain game online, sebuah komputer dengan spesifikasi tinggi merupakan yang sangat diimpikan. Selain mempunyai prosesor yang mempunyai kinerja yang hebat dan VGA yang mantap agar visual grafis komputer Anda dapat lebih keren, sebuah komputer juga harus mempunyai sebuah hard disk yang cukup besar, hard disk dengan kapasitas terrabyte ini saat ini cukup mudah ditemui dipasaran. Tugas atau fungsi dari sebuah hard disk ini cukup fital selain akan menentukan sebuah kinerja komputer, hard disk ini juga akan menyimpan sejumlah data sehingga data atau file yang Anda miliki dapat disimpan dengan baik. Meskipun fungsinya cukup vital, namun beberapa kerusakan sering terjadi oleh hard disk ini. Salah satu jenis kerusakan hard disk yang sering dialami yaitu bad sector. Sebuah hard disk yang mempunyai kondisi semacam ini biasanya karena sebuah sistem mengalami sebuah kegagalan sistem operasi dalam mengaksesnya. Apabila hard disk ini sampai rusak peforma sebuah komputer Anda bisa saja akan lamban atau lelet. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami masalah ini Anda bisa menyimak beberapa cara mengatasi hard disk bad sector berikut ini.

Cara Mengatasi Hardisk Bad Sector

Cara mengatasi hard disk bad sector yang pertama yaitu dengan menentukan jenis kerusakan atau bad sector pada hard disk internal atau eksternal kita. Biasanya hard disk yang rusak atau bad sector ini mempunyai 2 jenis yaitu soft bad sector dan hard bad sector. Untuk jenis kerusakan seperti soft bad sector Anda bisa langsung memperbaikinya dengan menggunakan sebuah software yang merupakan bawaan dari windows. Software ini bernama ‘chkdsk’. Cara memperbaiki soft bad sector ini menggunakan software chkdsk seperti berikut ini. Cara pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka windows explorer dari tombol start atau Anda juga dapat membuka windows explorer ini dengan menggunakan tombol windows + E pada keyboard Anda. Setelah itu, Anda klik kanan pada lokasi disk yang akan diperbaiki dan lalu pilih options properties. Setelah jendela properties terbuka, Anda buka tab tools dan lalu pada bagian yang tertulis error checking pilih chesk now. Klik atau centang semua pilihan dan lalu Anda pilih start. Setelah itu, komputer Anda bisa langsung di restart.

Sedangkan cara mengatasi hard disk bad sector yang berjenis hard bad sector tidak semudah saat Anda memperbaiki soft bad sector. Kerusakan sebuah hard disk hard sector ini disebabkan oleh head crash pada sebuah hard disk. Hal ini bisa saja terjadi karena platter dan bisa saja membuat hard disk Anda mengalami sebuah kerusakan sehingga menyebabkan kerusakan permanen. Biasanya sebuah kerusakan ini disebabkan oleh kerusakan saat dibuat atau saat diproduksinya dan tidak sengaja dijual kepasar. Kerusakan ini tidak bisa diperbaiki dan sangat dianjurkan untuk menggantinya dengan hard disk baru atau Anda yang baru membelinya bisa mengurus garansi pada hard disk Anda. Baca juga Perbedaan hard disk dan SSD.

Loading...